Muhammads Arif Ali Wasi

Tegal, 20 Agustus 1992

Domisili :

Sukabumi

Pendidikan :

TK Bhakti Pertiwi Kota Sukabumi

SD Negeri Benteng 1 Kota Sukabumi

SMP Negeri 5 Kota Sukabumi

SMA Negeri 1 Kota Tegal

Cerita Singkat :

Menulis sebuah cerita adalah kesenangan pribadi, maka dari itu semenjak SMP hingga SMA, aku selalu mengikuti kegiatan teater. Alhasil, banyak pengalaman luar biasa dari kegiatan tersebut, dari mengisi penampilan teater sekolah, menampilan drama untuk masyarakat kota, hingga lomba sampai tingkat provinsi. Dari semua kegiatan teater yang paling mengesankan adalah ketika menjadi sutradara untuk menampilkan karya anak Teater Detak dari SMA Negeri 1 Kota Tegal untuk masyarakat Kota Tegal. Kata panitia, drama tersebut dihadiri 300 orang yang sebagian besar dihadiri anak remaja.

Ini merupakan foto awal  sebelum pelantikanku sebagai ketua Teater. Personilnya memang sedikit, ada juga yang gak ikut ke foto. Foto itu diambil pasca penampilan kita di Ngabuburit With SMANSA di Lapangan belakang SMA Negeri 1 Tegal. Penampilan detak saat itu adalah musikalisasi puisi dengan beberapa peraga atau model yang mengiringi penampilan, (lihat baju merah). Saat itu aku gak ikut tampil, cuma sebagai penanggungjawab dari Detak atas penampilan  itu (itu karena aku ditunjuk oleh Pak Rudi, Pembina Teater Detak).

Nah, foto ini mungkin cukup fenomenal. Heheh. Disini aku memerankan si Tuan besar. yang sombong, angkuh, dan pembawaan karakter yang egois. Banyak dari temen-temen kaget melihat penampilanku yang satu ini, mungkin banyak yang gak ngira saat aku bisa membawakan peran angkuh,😀. Judul drama ini, “Akhirnya Mati”, sebenarnya di foto tersebut adalah penampilan kedua, saat kami menampilkan “Akhirnya Mati”. Penampilan pertama kami, saat mengikuti lomba Festival Teater Pelajar Tingkat SMA/MA se- Jawa Tengah di SUPM, Kota Tegal. Saat penampilan kedua untuk Pentas Seni di Sekolah memang tak setegang saat sebelum pentas untuk lomba. Dan pada akhirnya, kami Teater Detak mendapatkan harapan satu dalam lomba tersebut. Saat penampilan lomba itu, banyak yang menyesalkan kejadian rusak lampu di balik seluit, sehingga ada adegan yang hilang. Sehingga penampilan untuk lomba sungguh kurang maksimal.

Ini cuplikan akhir Drama “Akhirnya Mati”  yang dibawakan saat Pentas Seni di SMA Negeri 1 Tegal

Sebenarnya masih banyak penampilan teater detak saat masa kepemimpinanku jadi ketua, tetapi sayangnya KURANG DOKUMENTASI. Lanjut ke penampilan persembahanku yang terakhir untuk Teater Detak. Bukan sebagai aktor, melainkan sutradara.

Foto itu diambil sebelum pementasan Teater dengan judul “Racun”. Mereka semua adalah anak Teater Detak dari SMA Negeri 1 Tegal. Personil Detak memang tidak semuanya yang ada di foto itu, kebetulan foto itu diambil saat latihan malam di Gedung Kesenian Tegal.

Sayangnya saat pementasan berlangsung, dari panitia tidak ada yang mendokumentasikan. Mungkin yang mendokumentasikan hanya dari para penonton, (ahha). Semoga suatu saat ada yang berkenan meng-share-kan foto itu untuk rekan-rekan detak yang terlibat.🙂

Setelah pementasan berlangsung, kegiatan selanjutnya adalah perpindahan jabatan Ketua Teater, dariku untuk Susilo Gumilang sebagai ketua selanjutnya. (Buku biru yang di foto itu, opo?) Nah, buku itu adalah hasil rekapan, penilaian, termasuk kelemahan, kelebihan, serta kritik dan saran mengenai pementasan-pementasan drara yang telah dipentaskan. Itu semua bertujuan semoga penerus selanjutnya bisa tampil lebih maksimal dan lebih baik lagi dengan mempelajari kekurangan pementasan sebelumnya.

Ya, teater merupakan dunia keajaiban bagiku…. Dunia tempat mengekspresikan berbagai perasaan, mempelajari tokoh orang lain, dan mengenal berbagai macam kehidupan….

13 responses »

  1. Pingback: Teater HAKISA STSN | My Name Is Arif

  2. Assalamualaikum kak arif! Mengenai nilai raport minimal 8, di sekolahku ada 2 matematika wajib dan minat, tiap nilai terdapat 2 point yakni pengetahuan dan ketrampilan. 8 itu apakah keduanya dirata ratakan (pengetahuan dan ketrampilan) atau bagaimana kak? Mohon infonya ya kak.. mau bgt masuk stsn soalnya :”) trimakasih!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s