Biografi

TENTANG TEATER

Menulis sebuah cerita adalah kesenangan pribadi, maka dari itu semenjak SMP hingga Kuliah, aku selalu mengikuti kegiatan teater untuk menyalurkannya menjadi sebuah naskah teater. Alhasil, banyak pengalaman luar biasa dari kegiatan tersebut, dari mengisi penampilan teater sekolah/kampus, menampilan drama untuk masyarakat kota, hingga lomba sampai tingkat provinsi. Dari semua kegiatan teater yang paling mengesankan adalah ketika menjadi sutradara untuk menampilkan karya anak Teater Detak dari SMA Negeri 1 Kota Tegal untuk masyarakat Kota Tegal. Kata panitia, drama tersebut dihadiri 300 orang yang sebagian besar dihadiri anak remaja.

Ini merupakan foto awal  sebelum pelantikanku sebagai ketua Teater. Personilnya memang sedikit, ada juga yang gak ikut dalam foto. Foto itu diambil pasca penampilan kita di Ngabuburit With SMANSA di Lapangan belakang SMA Negeri 1 Tegal tahun 2008. Penampilan Teater Detak saat itu adalah musikalisasi puisi dengan beberapa peraga atau model yang mengiringi penampilan, (lihat baju merah). Saat itu aku gak ikut tampil, cuma sebagai penanggungjawab dari Teater Detak atas penampilan  itu.

Nah, foto ini mungkin cukup fenomenal. Heheh. Disini aku memerankan si Tuan besar. yang sombong, angkuh, dan pembawaan karakter yang egois. Banyak dari temen-temen kaget melihat penampilanku yang satu ini, mungkin banyak yang gak ngira saat aku bisa membawakan peran angkuh, :D. Judul drama ini, “Akhirnya Mati”, sebenarnya di foto tersebut adalah penampilan kedua, saat kami menampilkan “Akhirnya Mati”. Penampilan pertama kami, saat mengikuti lomba Festival Teater Pelajar Tingkat SMA/MA se- Jawa Tengah di SUPM, Kota Tegal. Saat penampilan kedua untuk Pentas Seni di Sekolah memang tak setegang saat sebelum pentas untuk lomba. Dan pada akhirnya, kami Teater Detak mendapatkan harapan satu dalam lomba tersebut. Saat penampilan lomba itu, banyak yang menyesalkan kejadian rusak lampu di balik seluit, sehingga ada adegan yang hilang. Sehingga penampilan untuk lomba sungguh kurang maksimal.

Sebenarnya masih banyak penampilan teater detak, tetapi sayangnya Kurang Dokumentasi. Lanjut ke penampilan persembahanku yang terakhir untuk Teater Detak. Bukan sebagai aktor, melainkan sutradara.

Foto itu diambil sebelum pementasan Teater dengan judul “Racun”. Mereka semua adalah anak Teater Detak dari SMA Negeri 1 Tegal. Personil Detak memang tidak semuanya yang ada di foto itu, kebetulan foto itu diambil saat latihan malam di Gedung Kesenian Tegal.

Sayangnya saat pementasan berlangsung, dari panitia tidak ada yang mendokumentasikan. Mungkin yang mendokumentasikan hanya dari para penonton, (hehe). Semoga suatu saat ada yang berkenan meng-share-kan foto itu untuk rekan-rekan detak yang terlibat. 🙂

Setelah pementasan berlangsung, kegiatan selanjutnya adalah perpindahan jabatan Ketua Teater, dariku untuk Susilo Gumilang sebagai ketua selanjutnya. (Buku biru yang di foto itu, opo?) Nah, buku itu adalah hasil rekapan, penilaian, termasuk kelemahan, kelebihan, serta kritik dan saran mengenai pementasan-pementasan drara yang telah dipentaskan. Itu semua bertujuan semoga penerus selanjutnya bisa tampil lebih maksimal dan lebih baik lagi dengan mempelajari kekurangan pementasan sebelumnya.

Lulus SMA, kegemaran teaterku berlanjut di kampus. Bersama Teater Hakisa, kurang lebih sudah berkonstribusi 3 pertunjukan pada acara kampus.

Caraka Satria, Tahun 2012
Your Beliefs Become Your Destiny, Tahun 2014

Ya, teater merupakan dunia keajaiban bagiku…. Dunia tempat mengekspresikan berbagai perasaan, mempelajari tokoh orang lain, dan mengenal berbagai macam kehidupan….

13 tanggapan untuk “Biografi”

  1. Assalamualaikum kak arif! Mengenai nilai raport minimal 8, di sekolahku ada 2 matematika wajib dan minat, tiap nilai terdapat 2 point yakni pengetahuan dan ketrampilan. 8 itu apakah keduanya dirata ratakan (pengetahuan dan ketrampilan) atau bagaimana kak? Mohon infonya ya kak.. mau bgt masuk stsn soalnya :”) trimakasih!

    Suka

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.