Berbagi Pengalaman (3)

Standard

Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi pengalaman mengikuti ujian masuk ke Sekolah Tinggi Sandi Negara. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk adik-adik calon mahasiswa yang berminat untuk masuk ke sekolah yang menurut saya “Alhamdulillah” itu.๐Ÿ˜€

Tahun 2010 sebenarnya saya pernah daftar ke perguruan tinggi ini, tapi saya harus berhenti berjuang hingga tes psikotes yaitu ujian tahap ke-3 (saat iu). Tahun 2011, saya mengikuti ujian SPMB STSN lagi, berawal dari kerja keras disertai ikhtiar hingga berakhir dengan manis. Ya, saya masuk ke dalam 40 orang pilihan STSN.

SPMB STSN 2011, saya sudah pantau websitenya dari 1 bulan sebelum pembukaan pendaftaran online. Saat itu, website sudah di update oleh pihak STSN, pebukaan pada awal april (kalo gak salah). Pendaftaran hari pertama pada pukul 07.00 pagi, saya membuka link pendaftaran, dan saat mendaftar saya berada di pendaftar ke-15 saat itu. Jangka waktu 1 bulan pendaftaran online, akhirnya hanya terdapat 1814 pendaftar online. Pengumuman selanjutnya adalah calon mahasiswa diminta untuk pendaftaran ulang dengan verifikasi secara langsung di Sekolah Tinggi Sandi Negara untuk selanjutnya mengikuti tes akademik di gor dekat ragunan. Saat verifikasi, gunanya untuk kepastian peserta pendaftar, dengan bukti KTP atau kartu identitas lainnya. Mungkin yang agak kaget, saya ditanya nomor telepon orang tua yang saya cantumkan di pendafataran online. Untungnya saya bisa jawab.

Tahap selanjutnya, beranjak ke tes akademik. Tahun 2010, saya melakukan tes akademik di Sekolah Tinggi Sandi Negara, tetapi untuk tahun 2011 saya melakukan tes akademik di Gor Ragunan. Dengan ragu-ragu akan tujuan, saya sendiri menuju ke daerah ragunan untuk pertama kali. Saya berangkat pukul 10 pagi dari Sukabumi, sampai sana siang menjelang sore. Sempat menjadi gelandangan disana, karena seperti orang ilang untuk mencari tempat yang dituju. Tanpa malu tanya kesana-kemari, akhirnya saya temukan juga Gor Ragunan tempat tes akademik. Jika tidak salah saya lihat dari jumlah tempat duduk, hanya 1400 yang melakukan verifikasi ulang.

Jujur, pengalaman saat di Ragunan. Saya berusaha cari tempat penginapan atau kos yang ada di daerah tersebut, tetapi apa daya usaha mencarinya pun sia-sia. Daerah kos dan penginapan sudah penuh terisi oleh para peserta SPMB. Hingga pukul 20.00, tujuan saya bukan untuk mencari tempat penginapan, melainkan tempat singgah apa saja yang bisa dijadikan untuk tempat tidur. Syukur alhamdulillah, saat itu saya masih bisa tidur di mesjid dalam kompleks Gor Ragunan, ditemani oleh para peserta pendaftar yang tidak kebagian penginapan atau mungkin mereka memang sengaja untuk mengirit uang dengan menginap di mesjid. ( tujuan sama, hha๐Ÿ˜€ hemat Rp. 50.000). Tetapi resiko yang saya dapat, saya susah untuk tidur. Mungkin saat itu, saya baru bisa tidur jam 2 pagi, dan bangun jam 4 pagi, karena adzan subuh. Nyamuklah penyebab utamanya,,๐Ÿ˜ฅ

Tes masuk, dilakukan secara dua gelombang. Saya termasuk ke dalam gelombang pertama. Saat tes, saya berusaha melawan ngantuk sekaligus menghadapi soal-soal MIPA, TPA, dan Bahasa Inggris. Tetapi alhamdulillah semua berjalan lancar. Hingga pengumuman akan diumumkan satu minggu kemudian. Perjalanan pulang dari Ragunan ke rumah, saya lagi-lagi “kesasar” dengan naik busway untuk pertama kalinya… *_* Tak apa, semua bisa jadi pengalaman baru…

LOLOS!! Alhamdulillah tes akademik bagi saya, bukan sebagai penghalang masuk untuk menjadi calon mahasiswa. Saat itu, jumlah pendaftar yang diterima hanya 400 orang. Selanjutnya adalah mengikuti tes psikotes, yang akan diadakan langsung di Sekolah Tinggi Sandi Negara. Berangkat setelah subuh dari Sukabumi, saya melaju dengan angkutan umum menuju kampus idaman saya waktu itu. Seperti halnya tes psikotes pada umumnya, saya mengikuti alur tes dari a-z, yang dimulai dari jam 9 pagi hingga sore.

Menunggu dan menunggu hasil pengumuman selanjutnya, akhirnya untuk tahun 2011 saya berhasil lolos untuk ke tahap berikutnya. Sontak, itu sedikit kejutan. Karena saya mempunyai peluang untuk bisa masuk ke STSN, saat itu calon mahasiswa/i yang diterima hanya 200 orang. Jadi ada peluang sekitar 1/5 untuk masuk ke STSN.

Tahap selanjutnya adalah tahap administrasi, saat itu hanya mengumpulkan lampiran-lampiran administrasi berupa ijazah, skck, surat tanda sehat, dll… Semua, sebagai sarat masuk untuk ke tahap berikutnya yaitu tes kesehatan dan olahraga.

Masuk ke tahap ke-4 ini, terbagi menjadi dua hari. Tes kesehatan pada hari pertama dan tes olahraga pada hari kedua. Saat itu, saya tidak mungkin untuk berangkat-pulang-berangkat dari Sukabumi ke Bogor, saya pun mencari tempat penginapan rumah warga disekitar kampus. Dengan biaya Rp. 25.000 semalam, saya bisa menginap disana dengan fasilitas seadanya.

Hari pertama, saya mengikuti rangkaian tes kesehatan dari tes gigi, mata, urin, tinggi badan, berat badan, paru-paru, dll. Tensi darah tak luput di cek, saya dengar dari dokternya ternyata tensi darah saya sedikit lemah. Katanya “jarang olahraga ya, Mas.” Saya jawab “iya”. Haha๐Ÿ˜€

Hari kedua, tes olahraga. Walau cukup melelahkan dengan mengikuti lari memutari lapangan selama 12 menit, pull up, push up, shit up, shuttle run, saya bisa dibilang rata-rata ke bawah dibandingkan dengan yang lain. Saat selesai tes, saya pulang dengan rasa pesimis. Karena dihari pertama, saya dapat teguran jarang olahraga, ditambah dengan hari kedua, hasil tes olahraga saya termasuk yang palling rendah. Saya laporan ke orangtua dan merekapun mengucapkan “Ya, serahkan saja sama Allah. Mudah-mudahan diberi hasil yang terbaik, jangan lupa berdoa”.

Dan alhamdulillah hasilnya diluar prediksi, saat hasil pengumuman di umumkan. Saya masuk ke dalam 100 orang yang lolos ke tahap selanjutnya. Rasa dag-dig-dug menunggu pengumuman terbayar sudah dengan mengucap syukur bisa lolos ke tahap ke-5.

Tes selanjutnya adalah wawancara. Tes ini, mungkin salah satu tes vital untuk pantas atau tidaknya calon mahasiswa yang layak untuk masuk STSN. Saya mengikuti 3 tahap tes wawancara, yaitu wawancara akademik, wawancara psikologi, dan wawancara tentang pengetahuan kenegaraan. Tak heran, saat mengikut tes ini pasti ditanya “macem-macem” dari A-Z. Saran untuk adik-adik yang masuk ke dalam tahap ini, utamakan JUJUR dan jaga etika.๐Ÿ˜€ okey!

Wawancara apa adanya di tes tahap ke-5, menempatkan saya ke dalam 78 peserta yang lolos ke dalam tes pantukhir. Apa itu pantukhir? tes ini merupan final, untuk menentukan siapa saja yang layak masuk ke dalam 40 orang pilihan STSN. Tak tanggung-tanggung, kami ber-78 orang itu akan diwawancara langsung oleh para petinggi Lembaga Sandi atau pihak penyelenggara STSN. Hanya ditanya sekitar dua puluh menitan, keluar ruangan. Dan pengumuman selanjutnya adalah menunggu hasil tiga hari kemudian di web STSN. Siapa saja yang akan masuk sebagai mahasiswa/i STSN angkatan 10.

Detik demi detik, menit demi menit, jam demi jam, hari demi hari, (sedikit lebay :p ) untuk menunggu hasil, AKHIRNYA!!!!!!! Saya membuka pengumuman pada pukul 11 malam…. Dengan berhadapan depan komputer rumah disertai modem yang sedikit lemot, saya masuk ke dalam 40 orang itu.

Terharu! Karena mengintip rangkaian cerita selama satu tahun ke belakang. Perjuangan itu terbayar manis, dengan hadiah dari Allah….๐Ÿ˜€ Akhirnya saya bisa juga masuk ke STSN yang katanya memang sekolah GRATIS dan insyaAllah tak serumit PTK atau PTN lain…. Sayapun pun melakukan registrasi ulang, untuk menjawab kepastian sebagai mahasiswa STSN angkatan 10 ke kampus STSN….

Dan kesan saya setelah masuk menjadi mahasiswa. “Kalian tidak akan pernah menyesal untuk masuk sini.”

Pesan untuk adik-adik calon mahasiswa, jangan takut mendaftar dan mencoba di STSN. Usaha disertai doa, insyaAllah kalian masuk ke sekolah impian ini.๐Ÿ™‚ Tetap semangat dan berjuang….๐Ÿ˜€

Next, Berbagi Pengalaman (4). Tentang apa ya? Tunggu aja, hahahah….๐Ÿ˜€

440 responses »

      • Mantaaapp….,membaca pengalamannnya !. Apa benar tidak pakai uang sama sekali ???”, terus sistem KKN dan sogok menyogok tdk ada, ataupun masih berlaku jatah anak Jenderal ???” (contoh: AKMIL, AKPOL). Karena saat ini Bangsa Indonesia sangat membutuhkan sekali SDM yg berotak cerdas, jujur, tdk korupsi, sehat jasmani-rohani. Sehingga nantinya Indonesia menjadi Negara yg hebat dan kuat !!!.

  1. aduh,, terharu bacanya… sukses ya mas!
    sekarang saya lagi nunggu pengumuman tahap 2,, semoga Allah memberikan yg terbaik untuk saya,, aamiin

  2. ka Alhamdulillah saya lolos tahap psikotes. Saya mau tanya,kalo buat perempuannya ada pull up juga ga?
    makasih kak:)

    • Selamat ya dek…๐Ÿ™‚ untuk tahun ini tempat pull up sudah dibongkar dan sudah dibangun kolam renang.
      Intinya siapkan fisik dengan baik, dan semoga sukses…

      • kak, mau tanya. tahun ini ada tes renang ga ya? terus waktu itu kakak larinya berapa putaran? ukuran 1 putaran berapa kak? sistem pelaksanaannya seperti apa? terus di kota saya ga ada dokter spesialis jiwa. kalo diganti sm psikolog kira2 boleh ga ya kak? ditunggu balasannya kak. terima kasih๐Ÿ™‚

      • wah sy bukan panitia spmb, dek.

        yg menangani penyelenggara stsn, jadi saya belum tau ada tes renang atau tidak…
        1 putaran itu 350 meter, untuk putrinya tahun lalu nilai maksimal 5,5putaran dalam waktu 12 menit…

        untuk tahap ke-4, pengecekan kesehatan langsung di stsn, dek.. ๐Ÿ™‚

    • untuk standar sendiri yang tau hanya dokternya dek,, yang saya jalanin waktu thn 2011, hanya periksa gigi saja tanpa tau standarnya… ๐Ÿ™‚
      untuk periksa kesehatan ikuti saja prosedur yg berlaku…. mungkin nanti akan diberi formulir riwayat kesehatan masing2 peserta spmb…

  3. hoah~ menginspirasi sekali kak, semoga aku juga bisa kayak kakak :3
    berulang kali saya harus bolak balik Solo-Bogor untuk yang satu ini dan semoga perjuangan ini ada hasilnya, mohon doa ya kak. hwehehe

    saya sudah akan masuk tahap kebugaran sama kesehatan, yatta~ dua tahap lagi berarti #narihula #bows

  4. sangat membantu pengalamannya. doakan semoga saya bisa menyusul diterima jadi mahasiswa stsn seperti kakak, aamiiin..
    boleh tau gak kak, wawancara kenegaraannya itu ya gimana? apannya aja yang keluar? ๐Ÿ™‚ terimakasih

    • Amin…. smoga yang diharapkan bisa tercapai.. secara umum, nanti adik harus paham dengan kondisi negara kita.. pendapat adik dengan suatu kasus, wawasan adik dengan landasan negara indonesia..

      ini semua sudah dipelari di mata pelajaran ppkn waktu smp dan sma,๐Ÿ™‚

  5. Kak mau nanya dong, kalau udah keterima jd mahasiswa disana yg cewe rambutnya harus dipotong pendek ya? Kalau yg dikerudung juga harus tetep dipotong?

  6. kak, mau tanya kalau masuk STSN, sekarang tinggi badannya juga dibatasi ya ?
    ada tes renang gak ?
    untuk tes akademik soal-soalnya dari bab SMA gak ?
    diizinin keluar asramanya hari apa aja ?
    makasih

    • kriteria untuk tahun ini dan mungkin tahun selajutnya bisa dilihat di website spmb tiap tahunnya. untuk tahun sebelumnya tidak ada tes renang, tapi tidak menutup kemungkinan untuk selanjutnya akan diadakan. karena di stsn terdapat fasilitas kolam renang.
      tes akademik mencakup tpa, matematika, fisika, bahasa inggris. semua itu materi sma. ๐Ÿ™‚

    • klo masalah tes olahraga lakukan “semaksimal” yang adik sanggupi saja. berkaca dari pengalaman ada yang lakukan tes olahraga termasuk biasa saja, tapi dia masuk.. yg pasti saat tes kesehatan tentunya sangat berpengaruh untuk masuk atau tidaknya.. (misal) mana mungkinkan seoang pecandu lolos tes?๐Ÿ™‚

  7. Utk spmb th depan kira2 mulai dibuka pendaft spmb nya bulan apa ya, trus pendidikannya semi militer ya. Ada senioritas ky di stpdn ga. Trus kl sistem gugurnya sampe smstr brp. Trus kl ggr apa hrs mgembalikan biaya pnddkan? Mksih ya de, ibu yg tny, soalnya putra ibu lg sibuk di kls 12 ini.

    • jika berkaca dr spmb sebelumnya pendaftaran online sekitar awal april di spmb.stsn-nci.ac.id

      pendidikannya tidak semi militer, disini lebih di tekankan kekeluargaan disertai kedisiplinan. untuk senioritas dan junioritas layaknya kakak kelas dan adik kelas pada umumnya, bu.
      sistem gugur disini, apabila mahasiswa tidak sanggup untuk mengikuti perkuliahan disini atau mahasiswa melakukan pelanggaran yang berat, hal tersebut bisa membuat mahasiswa Drop Out. Hal tersebut berlaku selama menjadi mahasiswa STSN. Jikalau drop out karena alasan tersebut, maka tidak ada kebijakan untuk mengembalikan biaya pendidikan. Kecuali mahasiswa tersebut berniat untuk keluar dari pendidikan.

      Demikian Ibu Iis.๐Ÿ™‚

      • Kak, sekarang aku kelas 3 SMA, tertarik banget sih buat nerusin ke STSN. Tapi testnya susah nggak ya? Denger-denger sih susah banget ya? Test tertulisnya materinya seputar apa aja ya? Makasih

      • materi tes tertulis seputar matematika, fisika, bahasa inggris, tpa.. Jika berminat untuk lanjut, tidak ada salahnya untuk mencoba dik.. tetap semangat dan berjuang, insyaAllah sesuai yg diharapkan….๐Ÿ™‚

  8. ka mau nanya dong, kira-kira dibuka pendaftaran tahun depan bulan apa yah kak?
    terus kalo wawancara kenegaraan contohnya seperti apa ka? mengenai pendapat kita tentang negara kita atau menjelaskan tentang negara kita?
    btw, kaka masuk yang manajemen persandian atau teknik persandiannya kak? bedanya apa yah?
    terus kak, mata aku kan mins 2.5 apa itu gapapa?
    maaf kak banyak tanya hehe makasih sebelumnya๐Ÿ™‚

    • kira-kira pembukaan sekitar akhir maret atau awal april, dik..
      saat tes wawancara mengenai hal tersebut, yang kamu ketahui tentang kondisi tata negara kita saat ini,

      Saya masuk ke teknik persandian, perbedaannya jelas jika di manajemen maka adik akan lebih mendalami mengenai “cara menangani” pada suatu materi. Jika di teknik persandian, adik akan mempelajari “darimana disertai kenapa” pada suatu materi.
      (koreksi jika ada tambahan)
      disini rekan saya ada yang berkacamata, hingga minus 2. Tapi dikembalikan lagi saat persyaratan tiap tahunnya.๐Ÿ™‚

      • Kak , mau tanya . Kan ada tes olhraga , nah renang diteskan jga nggak kak ? Trus klo yg masalah pkek kacamata itu boleh nggak kak ? Soalnya tadi liat di komentar kakak, ada tmen kakak yg minus 2 tpi dikembalikan untuk persyaratan tiap tahunny ? Itu mksudnya ap kak? Mohon penjelasannya kak , makasih kak๐Ÿ˜‰

      • Kak , mohon balasannya ya๐Ÿ™‚
        pengen banget sklh di STSN , pas finalny itu yg lulus ada 40 orng saja yy kak ? Boleh pke jilbab kak ?

    • Jika berkaca dari spmb tahun lalu, tidak diadakan tes renang, karena di stsn kolam renang masih dalam perbaikan. Untuk tahun selanjutnya dikembalikan kembali persyaratan yang di keluarkan oleh pihak STSN, apakah akan mencatumkan renang sebagai tes kebugaran atau tidak..
      Untuk SPMB tahun 2013 kemarin, penerimaan mahasiswa baru menjadi 80 orang (60 orang mahasiswa putra dan 20orang mahasiswa putri), dan untuk tahun depan dikembalikan lagi ke persyaratan yang diajukan penyelenggara, bisa jadi penerimaan tahun selanjutnya menjadi 100 mahasiswa.๐Ÿ™‚

  9. kak, mau tanya gigi saya tu ad yg patah gara2 ada insiden itu mempengaruhi tes keshatan jg ga?
    tlng dbls ya kak makasih..

  10. kalau masuk STSN itu materinya akan di ajari dari nol atau langsung penerapannya?
    Di STSN, tinggal di asrama atau cari kos sendiri?
    Jika boleh tau, materi yang di ajarkan itu seperti apa?
    trimakasih atas infonya, saya sangat berminat๐Ÿ™‚

    • Materi inti yang diajarkan disini mengenai cryptography.
      Tapi, tentunya dimulai dari semester awal diperlukan materi yang mendukung, seperti halnya matematika dsb.

      Di STSN tinggal berasrama, dengan dua asrama terpisah, yaitu asrama putra dan asrama putri.

      Semoga terjawab.๐Ÿ™‚

  11. Assalamualaikum
    kak, saya sangat minat utk masuk stsn
    apa benar soalnya kayak soal sbmptn? kira-kira susah mana yahh?
    kalo tinggi badan kuran dikit apa bisa ditolerir?
    mohon dibalas, saya pengen banget kak ……
    Wassalam.

    • walaikumsalam warahmatullah wabarakatu..
      Soalnya terdiri dari TPA, matematika, bahasa inggris, dan fisika. Soalnya tidak terlalu susah dan juga tidak terlalu gampang. Jadi adiklebih baik, pelajari saja apa yang telah diterima di SMA.๐Ÿ˜€

      Jika dilihat dari tahun sebelumnya, untuk ukuran tinggi badan tampaknya tidak dipermasalahkan. Karena terdapat mahasiswa yang tidak mencapai batas minimal tinggi badan dapat lolos seleksi STSN.

  12. assalamualaikum. mas, di STSN/LSN tu sifatnya trbuka/trtutup ke masyarakat? trus klo d STSN/LSN tu apa kita harus menutup kepribadian/identitas kita?

    • walaikumsalam warahmatullah…. untuk sosialisasi kami terbuka kepada masyarakat yang berminat untuk mengikuti spmb stsn, biasanya setiap tahun kami mengadakan sosialisasi ke sekolah-sekolah… Tidak perlu menutup kepribadian atau identitas,๐Ÿ™‚

  13. kak saya minat nih untuk ikut tahun ini, mau tanya untuk yang materi Tes tertulis. Itu ada materi yang spesifik gak kak ? misalnya fisika apa lebih spesifik ke bagian elektrofisika atau sama secara keseluruhan ??
    Terus ada tes pengetahuan umumnya juga ya kak ? nah terus kan saya denger ada buku crypton yang bisa dipesen, itu buku isinya tentang apa ya kak ? apa ada juga tentang kisi kisi soal tesnya kak ? soalnya saya ga bisa ikut TO nya nih. Makasih sebelumnya ya kak >.<
    maaf kalo nanyanya kebanyakan nih kak hehehe๐Ÿ˜€

    • waktu saya tes tahun 2011, soal fisika lebih ke hukum newton, gravitasi ke soal mengenai listrik. Untuk lebih amannya, lebih baik adik pelajari semua jenis soal fisika.๐Ÿ™‚ Yang di tes-kan hanya tes potensi akademik, matematika, bahasa inggris dan fisika. Buku crypton mengenai latihan-latihan soal masuk STSN, dik. Termasuk jawaban dari kisi-kisi soal tersebut.
      Tidak apa banyak tanya, malu bertanya ntar susah masuk… hhe

  14. Kak, mau nanya nanti tes tertulisnya di stsn atau di gor ragunan??
    Terus, kalo cewek tingginya 153 cm bisa masuk nggak?
    Terus, tes2 yg dilakuin itu sampai seminggu berturut-turut ya?
    jadi harus ngambil kosan deket stsn ya?.
    Maaf kak banyak nanya, thanks before๐Ÿ™‚

    • Untuk tempat tes tertulis tergantung dari penyelenggara stsn.
      Tahun 2010 tes dilaksanakan di STSN.
      Tahun 2011 tes dilaksanakan di gor ragunan.
      Tahun 2012 tes dilaksanakan di gor pajajaran, Bogor.
      untuk tahun ini saya masih belum menegetahui lokasi tesnya, adik bisa menunggu kabar dari website stsn.. diperkirakan sekitar bulan maret ini atau awal april, pendaftaran online akan dibuka beserta persyaratannya…

      Untuk masalah tinggi, tahun lalu batas tinggi putra 160 cm dan putri 155cm, namun pada kenyataannya angkatan tahun lalu yang diterima masih terdapat mahasiswa/i yang diterima walau tingginya di bawah standar…. (untuk persyaratan pada tahu ini, adik tunggu pengumuman dari penyelenggara stsn saja ya.๐Ÿ™‚ ) spmb.stsn-nci.ac.id

      tes-nya bertahap, dimulai dari tes akademik hingga tahap pantukhir bisa dimulai dari akhir april hingga pengumuman kelulusan pada pertengahan juli.. Jadwal tes ditentukan pula oleh penyelenggara..

      Dari pengalaman saya, tergantung adik tinggal dimana… Jika rumah adik jauh dari tempat tes, lebih baik mencari penginapan sekitar.. namun jika dekat, tampaknya tidak perlu menginap…๐Ÿ˜€

  15. Oh ia kak terus untuk tesnya sendiri kira kira berapa lama ya kak ? Dari tahapan satu ke tahapan yg lain selang waktunya berapa lama ya ? Makasih kak๐Ÿ™‚

    • untuk selang waktunya tidak tentu,,,, tapi dari awal hingga tahap akhir, (klo tidak salah) dimulai dari akhir april dan pengumumannya sekitar pertengahan juli….๐Ÿ™‚

  16. bang, tes ke bugarannya apa saja ? kalo ada renang kira-kira berapa meter?
    lalu apakah tes tahap satunya setelah pengumuman UNAS? karena di syarat pendaftaran dilampirkahn juga surat ijazah Unas terbaru, tolong di jawab ya bang๐Ÿ˜€

    • ada lari 12 menit, pull up, shuttle run, push up, sit up… Jika ada sekitar 40 meter. kemungkinan tidak ada tes renang, dik…

      saya masih belum tau mengenai pengumuman UNAS tahun ini, tapi semua tanggal dan penjadwalan tes spmb stsn hanya diketahui oleh penyelenggara dan diumumkan melalui website spmb.stsn-nci.ac.id

      jadi adik pantau saja ya…๐Ÿ™‚

    • STSN (Sekolah Tinggi Sandi Negara) merupakan sekolah ikatan dinas dibawah lembaga sandi negara. Sedangkan STIN (Sekolah Tinggi Intelijen Negara) merupakan sekolah dibawah Badan Intelijen Negara…

      Dari segi akademik, STSN lebih mendalami sains terapan, dalam hal matematika maupun komputer yang dapat digunakan untuk sistem keamanan ataupun kriptografi..

      Sedangkan STIN lebih ke praktik dalam lapangan….

      (mohon izin dikoreksi jika salah….)

  17. oh memangnya taun kemarin ada tes renang apa gak bang?
    oh iya terus kalo mau pesan buku kripton/ latian soal buat masuk STSN gmana bang?
    trims bang yaa hehe minat banget soalnya ๐Ÿ˜€

    • tahun lalu tidak ada tes renang, sepertinya tahun ini juga tidak ada dik…

      untuk pemesan buku kripton, adik bisa follow twitter @TryOutSTSN2014 atau grup Try out STSN.
      ๐Ÿ™‚

  18. waaa, ka,, perjuangan kaka sampe keterima hebat banget,, saya juga insya allah mau nyoba tes di STSN tahun ini,, jadi ka saya mau tanya beberapa nih, soal” TPA.a itu hampr sama soal TPA di perguruan tinggi biasa atau ada bedanya ka?
    trus selain tes-tes TPA, psikologi, kesehatan ada tes khusus tentang sandi atau sejenisnya kah kak?

    • soal Tes Potensi Akademik yang saya ikuti tahun 2011, sepertinya sama dengan TPA pada umumnya. Adik bisa coba2 latihan di internet, yang saya ketahui banyak contoh-contoh soalnya…

      Untuk tes khusus, tidak ada dik….๐Ÿ˜€

  19. kak mau tanya lagi nih, untuk yang tes tertulis nanti untuk penghitungan nilainya gimana ya kak ? apa berlaku seperti system SBMPTN yang apabila benar mendapat nilai dan apabila salah mendapat nilai minus ? makasih lagi ya kak๐Ÿ™‚

    • psikotes meliputi tes IQ, gambar, serta tes kepribadian adik yang akan ternilai melalui serangkaian tes yang diujikan. untuk lebih jelasnya, adik bisa googling apa itu psikotes….๐Ÿ™‚

    • tes kesehatan berupa pengecekan darah, urin, gigi, riwayat kesehatanmu, mata, varises, tensi, lumayan banyak.. hhe..

      Wah, saya tidak tau tes masuk polisi, dik..๐Ÿ™‚

    • walaikumsalam warahmatullah…

      jika adik mau belajar, insyaAllah materinya tidak sulit…
      tapi jika tidak belajar, pasti terlihat sulit…๐Ÿ™‚

      Banyak sumber mengenai TPA di internet.. Adik bisa belajar banyak dari internet….

  20. Assalamu’alaikum wr. wb.
    kak, saya mau tanya; kalau tes Akademik STSN berlaku nilai mati pada setiap pelajaran yang diujikan ga ?

  21. assalamualaikum.kak saya mau tanya kalo di tes kesehatan ada pemeriksaan ambeyen/anus, nggak kak?

  22. Assalamu’alaikum Kak Arif..saya mau tanya, untuk kehidupan para mahasiswa STSN di Asrama seperti apa yaa? apakah komunikasi dengan orang luar itu sangat dibatasi?
    oiya,kemarin pas daftar ulang,aku diberi tahu petugas daftar ulangnya,bahwa banyak yang berhasil masuk STSN tetapi tidak kuat diasramanya,shg tdk bisa mengikuti kegiatan akademik perkuliahan..apa sii yang paling berat kak,selama kakak beradaptasi di STSN?

    • wa’alaikumsalam warahmatullah…

      tidak ada pembatasan komunikasi dengan pihak luar, mahasiswa diperkenankan membawa handphone dan menggunakan internet. Namun disaat waktu yang tepat dan tidak mengganggu kegiatan..

      Tidak ada yang berat untuk menjalani kehidupan disini, jika tujuan awalnya dengan niat yang kuat untuk melanjutkan sekolah di stsn. InsyaAllah semua akan dipermudah.. Kuncinya berdoa dan tetap semangat..๐Ÿ™‚

  23. kak mau tanya, tes akademik jumlah soal berapa ya? pembagian dan waktunya gimana? apakah untuk tes selanjutnya yaitu tes psikologi harus lulus tes akademik terlebih dahulu atau itu merupakan serangkaian? terima kasih

  24. Kak… Itu rata-ratanya harus 8 yang semester IV sama V ? Disekolah aku, jujur aja, gurunya ga bener semuaa kak. Jadi ambil contoh gini, aku kan disuruh ama guru A ngumpul di kantor buat setor nilai, nah ternyata pas udah sampe kantor tuh rame, terus ada banyak guru juga kan, nah para guru itu malah bentak-bentak kami kaya “NGAPAIN SIH KALIAN DISINI? BIKIN SUMPEK AJA! KELUAR CEPETAN! KELUARRR!” Padahal kan kita cuma mau setor nilai, eh si guru A malah belain guru lainnya kaya “KAMU JANGAN DISITU! ANTRI! KELUAR SANA!” Akhirnya gara2 itu banyak murid yg ga dapet nilai dan nilai di rapotnya jelek. Akhirnya yang remed itu minta perbaikan kan, eh malah ama guru-guru dibilang “ITU KAN NILAI KAMU? MASA KITA YG HARUS TANGGUNG JAWAB SIH. YA KALO SEGITU TERIMA AJA.” Apasih kak aku sedih sekolah di sekolah gini, gara2 itu semua nilai aku turun. Aku lagi semester IV sma kelas 2 menuju kelas 3. Aku hopeless banget kak masuk STSN, tapi aku pengen banget masuk ke sini:((( balessss kakkkkk

  25. Kak, segala puji bagi Allah SWT, Alhamdulillah ane keterima di tahap tes akademik,psikotes dan wawancara. Ane mau nanya bang, untuk tes wawancara akan ditanya soal UUD 1945 dan Pasal2 nya ga kak? Terima Kasih sebelumnya bang, mohon doanya juga ya agar lolos dari tahap seleksi administrasi, tes kesehatan, tes wawancara dan tes pantukhir. Ane udah niat banget kak masuk STSN, terimakasih๐Ÿ™‚

    • alhamdulillah… tetap semangat ya dik…!๐Ÿ˜€
      wawancara nanti akan ditanyakan “secara umum”, mengetahui pemahaman adik tentang negara kita. Pendapat adik tentang studi kasus yang ada di negara kita, dan “mungkin” solusi tentang studi kasus masalah ketatanegaraan kita..

      (itu waktu pengalaman saya di 2011) ๐Ÿ™‚

  26. Kak, segala puji bagi Allah SWT, Alhamdulillah ane lolos dari tahap tes akademik,psikotes dan kebugaran. Ane mau nanya bang, untuk tes wawancara akan ditanya soal UUD 1945 dan Pasal2 nya ga kak? Terima Kasih sebelumnya bang, mohon doanya juga ya agar lolos dari tahap seleksi administrasi, tes kesehatan, tes wawancara dan tes pantukhir. Ane udah niat banget kak masuk STSN, terimakasih๐Ÿ™‚

    • waktu tahun 2010,

      terdapat bagian pengecekan paru2 dengan ronsen.
      jika masalah berat badan, sepertinya tidak terlalu dipermasalahkan, namun dikembalikan lagi dengan kriteria yang diajukan penyelenggara STSN sekarang.

      saya masih mahasiswa,dik. jadi hanya sebatas itu yang saya tau.๐Ÿ™‚

    • Tidak dik, lebih tepatnya saat wawancara nanti akan ditanyakan lebih jauh tentang kemampuan yang adik punya, dan cara menguji nanti tergantung penguji adik saat wawancara nanti. “mungkin” bisa dengan menjawab contoh soal ๐Ÿ™‚

    • pertanyaan seputar mental dan ideologi, dik… dengan berbagai pertanyaan yang diajukan, nantinya akan diketahui bagaimana mental dan ideologi yang dimiliki oleh adik….
      saran jawab seadanya sesuai dengan etika dan utamakan jujur…๐Ÿ™‚

  27. Assalamu’alaikum warahmatullah

    Mas, mau tanya. adik saya alhamdulillah masuk tahap wawancara spmb 2014 ini, ada 2 bagian wawancara (tertulis & wawancara). untuk wawancara tertulis ada ujian tertulis CT & MI. boleh mas utk dishare perihal ujian2 dalam tahap wawancara ini seperti apa saja. Semoga berkah. Aamiin.

    Wassalamu’alaikum warahmatullah

    • walaikumsalam warahmatullah wabarakatu…
      tes wawancara tentunya akan ditanyakan pengetahuan calon mahasiswa mengenai hal tentang kenegaraan, kepribadian, dan hal yang dimiliki oleh calon mahasiswa. Untuk menghadapi tes ini, lebih baik calon mahasiswa mengutamakan kejujuran dalam setiap pertanyaan dan mengikuti etika yang berlaku. Semoga sukses…๐Ÿ™‚

      • Mhon gambarannya untuk pantukhir kak, apa ada semacam pemeriksaan ksehtan/tes” gitu?

      • seperti yang dijelaskan sebelumnya, adik akan ditanyai secara langsung secara menyeluruh. Baik ditanya mengenai kesiapan masuk stsn, keluarga, bahkan postur badan adik (mungkin), jadi ibarat layak atau tidak adik bisa masuk stsn… mungkin selain itu pihak penyelenggara pendidikan akan mereview ulang hasil tes spmb, adik…๐Ÿ™‚

        sebelumnya selamat karena sudah masuk pantukhir, tinggal selangkah lagi dan berikan yang terbaik..๐Ÿ˜€

  28. Assalamualaikum wr. wb
    Kak mau nanya, tes wawancaranya nanti berkaitan dengan apa yang udah kita jawab ketika ts tertulis ct & mi tidak ya? Tes akademik itu berupa apa? Dan yang mengenai wawancara kenegaraan dan psikologi juga. Doakan ya kak semoga bisa lolos hingga tahap terakhir.Terima kasih

  29. salam kak.๐Ÿ˜€ kalo di pantukhir itu beneran wawancara lisan oleh pimpinan lembaga sandi negara saja ya? Jadi bawa celana training itu untuk apa kak? Terimakasih!๐Ÿ™‚

    • selamat yak, sudah sampai pantukhir. Tinggal selangkah lagi…

      Iya nanti adik akan ditanya secara langsung oleh pejabat di lemsaneg dengan menggunakan baju sesuai yang diminta untuk dibawa….๐Ÿ™‚

      • Terimakasih ya kak untuk jawaban sebelumnya.๐Ÿ™‚
        Oiya, Kalo di pantukhir apakah betul diulang lagi dari tes akademik, kebugaran, psikologi, dan wawancara lagi, kak?
        Trims๐Ÿ˜€

      • bukan diulang lagi dik,, tapi tes-tes sebelumnya akan menjadi pertimbangan kelayakan adik2 masuk stsn… mungkin bisa dibilang dibandingkan antar peserta spmb, “kasarannya” mana yang lebih cocok masuk sini…๐Ÿ™‚

    • untuk peralatan usudah tertera dipengumuman seperti membawa alat tulis, kartu spmb, untuk putra membawa kaos lengan pendek dan celana pendek, untuk putri membawa kaos lengan panjang dan celana panjang…

      untuk menghadapi tes tersebut jawab sejujurnya saja, jaga etika dan sopan santun….๐Ÿ™‚

      tes pantukhir itu sudah final, dik…
      artinya adik sebenarnya sudah layak masuk STSN, namun tes tersebut ibarat membandingkan satu peserta dengan peserta yang lain memilih yang LEBIH pantas untuk masuk sebagai mahasiswa terpilih…

      semoga sukses ya dik….๐Ÿ™‚

  30. kak alhamdulillah saya lolos sampai tes pantukhir. mau tanya kuota tahun ini berapa ya kak karena tahun kemarin yg diterima 80 orang, di tahap pantukhir ini masih ada 100 orang..
    satu lagi kak, di stsn nanti dpt tunjangan ikatan dinas tdk?terima kasih..

  31. Assalamualaikum kak
    Alhamdulillah saya sudah sampai tahap pantukhir kak, sebelumnya saya sangat berterima kasih atas informasi yang kakak berikan
    Kalau saya boleh tau kak, tes pantukhir itu dengar2 wawancara ya?
    Kira2 yang ditanya tentang apa ya kak? Akademik kah? Tujuan masuk kah? Atau apa ya kak?
    Lalu kalau boleh tau kemarin sewaktu kakak pantukhir, yang ditanya apa ya kak?
    Terimakasih kakak, saya sangat berharap kakak dapat menjawabnya๐Ÿ™‚๐Ÿ™‚

    • walaikumsalam warahmatullah….

      iya dik, berupa tanya jawab…
      bakal ditanya diluar konteks yang belum pernah ditanyakan kpd adik, tergantung jawaban yang adik utarakan…

      nanti adik bakal masuk ke dalam suatu ruangan bersama sebagian peserta spmb yang lain, biasanya ditanya adik sudah coba kemana saja selain tes spmb stsn, kondisi keluarga, dll..
      biasanya dua pertanyaan itu bakal ditanyakan…

      tips2,, jawab sejujurnya dan jaga etika saat disana…. kalo bisa lebih sigap tapi tidak kaku…
      Semoga sukses dik…๐Ÿ™‚

      • Iya
        Terima kasih banyak kak atas penjelasan dan tip2nya๐Ÿ™‚

  32. Saya kpengen bgt bisa masuk stsn, tapi ada 1 yg bikin saya ragu. disana kan semimiliter, sementara sy ada kendala pada ketahanan fisik termasuk renang. saya mau tanya, untuk th.skrg ada tes renang gk?
    mohon balasannya, trmksh

  33. Kak.. setelah lulus dari stsn itu ditempatkan dimana kak??? kan termasuk ikatan dinas ya?..trimakasih.. mohon dijawab kak๐Ÿ™‚

  34. Assalamualaikum, ka mau tanya kalo tes olahraga untuk putri apa ada tes pull up, push up, shit
    up, shuttle run-nya juga?

    Untuk tes wawancara akademik dan wawancara psikologi ditanya apa aja?

    Apa bedanya manajemen Persandian dan teknik Persandian: Teknik Kripto
    Teknik Rancang Bangun Peralatan Sandi?

    Untuk tes pengetahuan umum dan wawasan kebangsaan itu tertulis atau wawancara, itu ditanya seputar apa ya ka?

    Mohon dijawab ka, maaf banyak tanya.

    • walaikumsalam warahmatullah..
      untuk tes pull up tidak ada, tapi untuk lainnya ada dik…
      untuk wawancara akan lebih ditanya mengenai kepribadian adik dan motivasi adik,

      agar lebih mudah dipahami, teknik kripto buat algoritma mesin sandi, rancang bangun dengan mengimplementasikannya ke sebuah alat sandi, dan manajemen yang mengatur tentang kebijakan mesin sandi tsb..

      untuk wawasan kebangsaan akan ditanya seputar ideologi yang dipegang oleh negara kita.

      mohon maaf baru balas…๐Ÿ™‚

  35. Pingback: Berbagi Pengalaman (5) | My Name Is Arif

    • seperti setiap tahun ada batas tinggi badan minimal, dik.. tapi untuk minus mata tidak ada.. untuklebih jelas syarat dan pendaftaran bisa mengacu pada tahun lalu.. coba cek spmb.stsn-nci.ac.id

    • wah itu saya banget tuh, hhe๐Ÿ˜€

      tidak masalah, dik… yang penting km bisa maksimal di tahap demi tahap tes spmb..

      bahkan ada yang prestasinya mentereng, namun tidak masuk karena gagal di psikotes…

  36. Pingback: SPMB STSN 2015/2016 | My Name Is Arif

  37. kaka saya mau tanya..
    saya boleh dibilang tentang nilai insyallah bisa masuk,tetapi saya ragu di tes keshatan sama kebugarannya karena boleh dibilng saya “gendut” ka..
    tapi pas cek di info pendaftaran tahun sekrng disitu engga ada kriteria tsb,gmna yaa kak ?

    • sepertinya gendut sedikit tidak terlalu dipermasalahkan, dik.. sebab yang sudah diterima dan yang lulus juga ada mahasiswa yang berlebih dalam hal berat badan.

      mungkin yang akan dipermasalahkan jika gendut tapi berpenyakit…๐Ÿ™‚

      • Assalaamu’alaykum, maaf ka mau nanya. Kalau nilai di kedua smester IV dan V ada kurang dari 80 lebih baik daftar atau tidak usah? Mohon dijwb ka, trimksh๐Ÿ™‚

      • ada banyak dik,terdiri dari 20 mata kuliah….๐Ÿ™‚ garis besarnya mengenai mata kuliah dasar, yang hampir mirip dengan materi sma namun lebih memperdalam..

  38. kak ane laki2 cuma punya modal tinggi 160cm berat 40kg (bahkan kurang :3) dan mata ane minus lebih 2. kira2 klo mau daftar masih ada harapan gak ya?? trus lokasi tesnya apa cuma di bogor aja??

  39. wahh keren banget sumpah pengalamannya!!^^
    tahun ini aku mau daftar STSN juga kak._.
    doakan ya kak supaya lolos.

    agak agak deg deg an kayaknya ya kak pas wawancara? hihi

  40. kakak saya mau tanya
    kan minimal nilai rapot semester 4 dan 5 utk mtk & b.ing adalah 8, kalo nilai saya 77 bisa masuk ga ya kak?

    • tidak bisa dik, sudah tercantum standar minimal demikian. jikalau dicoba daftar online dengan syarat yang tidak memenuhi standar kemungkinan akan ditolak..๐Ÿ™‚

  41. kak, saya mau bertanya. tes akademiknya itu pelajaran apa aja? matematika, basing, fisika, terus apa lagi? terima kasih kak sebelumnya๐Ÿ™‚

  42. mas maaf mau tanya,, berarti dapat disimpulkan bahwa tes kesehatan dan kebugaran itu ada hubungannya . sebagai contoh jika dalam tes kesehatan terdapat 1 kekurangan, akan tetapi untuk tes kebugaran sangat memuaskan, itu berarti masih banyak peluang untuk lolos ya .? trimakasih ..

  43. assalamualaikum wr wb.
    terima kasih ata blog yang sudah kakak share, sangat membantu kak๐Ÿ˜‰ aku mau tanya dong kak, tes psikologi disini, wawancara atau tidak? dan tentang tes kompetensi dasar, itu apa saja yang ditanyakan kak? oh iya 1 lagi, apa kakak pernah mengikuti semacam pelatihan untuk masuk stsn? terima kasih sebelumnya, mohon bantuannya dan dibalas ya kak๐Ÿ˜‰

    • walaikumsalam warahmatullah….

      saat tes psikolgi tidak ada wawancara.. sesi wawanca ada di tahap yang lain, dik..

      untuk tes kompetensi dasar, itu baru diadakan pada tahun ini di SPMB 2015..

      untuk tahun sebelumnya tidak ada.

      Namun sebagai gambaran, untuk tes kompetensi dasar banyak sumber yang bisa adik lihat di internet. TKD sendiri ada 3 macam, yaitu tes wawasan kebangsaan, tes intelegensi, dan tes kepribadian.. Dalam bentuk soal dan dipegang langsung dari Badan Kepegawaian Nasioanal.

      Tidak ada pelatihan seperti itu, dik.๐Ÿ™‚ kalaupun ada, gak perlu juga… yang penting adik bisa maksimal dalam hal akademik dan berperilaku,

      jangan lupa doa..๐Ÿ˜€

  44. Kak, apakah menurut kakak tes akademiknya susah? Terus buat tahun ini apakah test fisika itu masih diadakan? Terima kasih kak.

  45. kak tanya soal buat tes potensial akademik itu hanya matematika dan bahasa inggris? itu soalnya berbobot seperti un atau sbm? dan menggunakan sistem minus jika salah atau tidak?

  46. kak, apa benar klo masuk STSN..
    identitas kita dikaburkan kyk intel yang dri skolah kedinasan intel ?

  47. Kak jelasin dong wawancara akademik,psikologi, dan pengetahuan kenegaraan. contoh pertanyaannya itu gmana? thanks๐Ÿ™‚

    • nanti pertanyaannya mengenai siapa dirimu? bagaimana car akamu belajar? sosialisasi? apa yang kamu ketahui tentang demokrasi di negara ini? sifat kamu seperti apa? dan masih banyak lagi pertanyaan yang bisa keluar dari apa yang kamu utarakan…๐Ÿ™‚

  48. Kak, saya mau nanya test seputar psikologi-nya. Test psikologi-nya seperti apa yaa kak? Apakah test psikologi di SMA itu sama dengan di STSN?
    Terimakasihh~

    • walaikumsalam warahmatullah… salah satunya itu dik, namun secara umum sama seperti tes psikologi pada umumnya. Untuk referensi adik bisa latihan melalui materi yang ada di internet..๐Ÿ™‚

  49. Kak, saat tahap psikotes itu gambaran soalnya seperti apa? apakah sama dengan psikotes masuk sekolah tinggi lainnya/TNI/POLRI atau berbeda?
    terimakasih

  50. Kak, mau nanya, kalo push up untuk wanita gimana? Apa sama dengan pria? Atau push up khusus wanita, yg pakai lutut itu? Atau yg di dinding gitu? Makasih

  51. Kak, berbagi pengalaman donggg…
    Waktu kakak nggak lolos pas tahun 2010, trus selama setahun untuk ikut USM lagi itu kakak kuliah atau gimana? Dan menurut kakak sendiri, penyebab kakak bisa diterima tes psikotes tahun selanjutnya itu apa? Yaa mungkin pertanyaan saya agak nggak penting, tapi kalau dijawab lumayan untuk mengatasi kegalauan saya. Karena saya senasib sama kakak di tahun 2010๐Ÿ˜ฆ

  52. Kak, bsok saya ikut tes kebugaran, tapi sampai hari ini saya belum bisa sit up?
    Gimana ya? Saya sudah berlatih namun tidak bisa

  53. tetap berusaha disisa waktu ini ya dik…๐Ÿ™‚
    awali dg niat, pasti beban seberat apapun akan bisa kamu atasi… termasuk sit up..

    saya awalnya termasuk yg ga bisa sit up secara sempurna, tapi lama2 bisa karena terbiasa latihan…

    tetap semangat!๐Ÿ™‚

  54. Kak, mungkin baru tahun depan baru saya daftarnya karena masih kelas 2 SMA hehe. Kira kira kehidupan di sana serem ga kaya di sekolah tinggi yang lain? Kayanya kalau sama seremnya saya urungkan niat buat masuk stsn hehe

  55. Assalamualkm. Kak, saya mau nanya. Apa kalo sit up tangan harus d tengkuk? Terima kasih….

  56. Kaka assalamualaikum
    Mau tanya nih ka sikap kita pas wawancara baiknya gimana ya?
    Apa baiknya posisi siap kmudian tegas? Atau yg penting sopan boleh senyum2 ramah gtu:D? hehe agak grogi kak niiih

    • walaikumsalam warahmatullah..
      gak usah kaku, dik.. santai saja tapi tetap jaga etika dan sopan santun. Ga usah posisi siap dan terlalu maksain tegas…๐Ÿ˜€ bersikaplah yang semestinya kita lakukan biasanya…

      • Hehehe iya ka makasih makasih infonya sngat mmbantu, kalau untuk pantukhir gmana ka blm ada gambaran itu ngapain aja si ka? Suru bawa celana pendek juga soalnya, jdi pnasaran ada apa. Mkasih ka sbelumnya.. :)))

  57. Mohon maaf Kak, mau tanya. Menurut kakak yang harus dipersiapkan dan dipelajari untuk tes wawancara apa saja?, kemudian untuk tes akademik yg katanya diberi soal dadakan itu materinya kira kira apa?
    terimakasih kak

    • persiapan mental… hha..๐Ÿ˜€
      cara bicara, perilaku, dan jawabanmu menjadi kriteria penilai di wawancara..

      kmrn waktu tahun 2011 sy diksh soal matematika dasar, namun mohon maaf saya lupa materi yg diberikan, dik..๐Ÿ˜€

  58. Selamat pagi kak,
    salam kenal kak, saya ingin bertanya beberapa pertanyaan untuk kakak, jika diizinkan melalui email, boleh saya tau alamat email kakak?
    terima kasih.

  59. Kak boleh tau nggak, waktu pantukhir kakak ditanyain apa aja, soalnya setelah ini saya tes pantukhir, terimakasih kakak..

    • biasanya mengulas tanya jawab saat proses wawancara dan tahap2 sebelumnya.
      Misal, apa pekerjaan keluarga? kakak kerja apa? kenapa masuk STSN? kamu daftar mana saja selain STSN? kenapa ga pilih yang diluar? ada kenalan di STSN? dllโ€ฆ

      Pertanyaan kadang tidak menentu..๐Ÿ™‚

      • Kak, jenjang pendidikan di STSN kan dimpola 4 kalau berencana melanjutkan S2 bagaimana? Perlu kembali kuliah jenjang S1 atau ekstensi atau bisa langsung lanjut S2?
        Ohiyaa, dari referensi yang saya tau setelah lulus STSN itu lanhsung ditempatkan unyuk nertugas ya kak? Jika ingin melanjutkan pendidikan bagaimana? Sepengatahuan kakak bagaimana alumni STSN adakah yang berkarier diluar negeri?
        Terima kasih.

      • Bisa, bahkan hingga S3 bisa pula melalui tugas belajar, beasiswa, atau biaya mandiri. Tidak perlu kembali ke jenjang S1, kecuali jika adik menginginkan kembali dari S1.

        mengikuti tes cpns sebelum lulus dari STSN, stelah lulus langsung prajabatan dan penempatan. Jika ingin langsung melanjutkan pendidikan bisa juga.

  60. tes wawancara psikologi, dan wawancara tentang pengetahuan kenegaraan itu ditanya nya kaya gimana aja kak? makasih๐Ÿ™‚ btw seru ga kak sekolah disana?๐Ÿ˜‰

  61. Asslamualaikum๐Ÿ™‚
    Maaf kalo komunikasi pgang hape boleh lagi kpan ya kak :(( galau bgttt ditinggal pendidikan.mhon jwab kak aku hrus sabarnya gimana :’))nggu kpastian, kalo udh sehari hari apa komunikasi juga d batasi? Mhon pencerahannya ya kak makasih :’D maafin baper bgt

    • wa’alaikumussalam warahmatullah..

      stelah selesai ospek atau masa pengenalan kampus sudah diperkenankan membawa alat komunikasi.

      Klo sudah sehari-hari tidak ada batasan untuk komunikasi, namun tentunya tidak mengganggu kegiatan mahasiswa.๐Ÿ™‚

      • Alhamdulillah deh๐Ÿ™‚ tapi bneran berbulan bulan ya ka?๐Ÿ˜ฎ
        Hari ini udh mulai nih d tnggal :’) doain ya ka kuat hehe maaf ka maklum baru ldr sih hehe blm terbiasa jadi panik dulu deh.

  62. Assalamualaikum. Kak, saya sekarang baru kelas 12 SMA, saya pengen masuk stsn tp saya lemah dalam bahasa inggris dan olahraga gimana ?
    Tp saya sangat mengetahui wawasan kenegaraan, dan paham pula kondisi politik indonesia. Itu tau karena hobi. Terima Kasih

    • wa’alaikumussalam warahmatullah..

      dicoba aja dik, mulai sekarang terus semangat untuk melatih kemampuan diri baik bidang akademik, olahraga, maupun kepribadian, dan jangan lupa berdoa.
      InsyaAllah diberi kemudahan..๐Ÿ™‚

  63. maaf kak izin menyakan, selama di asrama apakah ada kegiatan terprogram seperti olahraga pagi dan lainnya atau tidak kak? jika ingin menjadi pns harus ikut tes cpns juga kak? selain di lembaga sandi negara apakah bisa mencari pekerjaan lain? terima kasih kak.

    • ada Kegiatan Harian Mahasiswa, dik. Ada juga waktu untuk meluangkan hobinya, misal olahraga, seni, dan akademik di jam mandiri.

      Untuk menjadi PNS harus melalui tes CPNS dahulu…

      Bisa, misal mau bisnis pulsa, wirausaha, dll…

      kecuali klo kerja di instansi lain, itu tidak diperbolehkan jika tanpa izin..

      bgitu, dik…๐Ÿ˜€

  64. Kak mau tanya, pas tahap Wawancara di STSN itu WAJIB bawa bukti prestasi akademik atau non akademik? terimakasih

  65. Asslamua’alikum kak, saya msh kelas XI kak. Tapi insha Allah saya pengen bgt masuk stsn. Kalo nilai akademik saya alhamdulillah meningkat terus kak. Tapi saya ragu sama tes kebugaran macam lari, push up, pull up. Saya jarang sih olahraga, ditambah saya ga pande renang haha. Itu gimana kak?tes kebugarannya juga berpengaruh ya?trus saya di medan kak, kalo mau ikut tes ujiannya harus pergi ke stsn nya ya kak? Maaf banyak nanyak hehe

    • waรกlaikumussalam warahmatullah…

      Mumpung masih kelas XI, mulai sekarang rutinkan saja dik fisiknya dan dibiasakan saja olahraganya, insyaAllah saat tes kebugaran nanti bisa mengikuti dengan maksimal. Untuk tahun-tahun sebelumnya, tidak ada tes renang.

      Semua tes berpengaruh, karena setiap tahap menggunakan sistem gugur.

      Tahun lalu sempat diadakan tes di medan, namun untuk selanjutnya tidak dapat dipastikan. Pembukaan SPMB kemungkinan antara akhir maret dan awal april, pantau saja website STSN di spmb.stsn-nci.ac.id

      Sukses dan semangat..๐Ÿ™‚

  66. Di stsn setiap bulan dapat uang saku gak kak? Kalo badannya kurus jd masalah gak? Saya mau masuk stsn ni kak, semoga aja bisa masuk. Aamiinn. Terima kasih

  67. Kak mau nanya, kan itu persyaratanya harus SMA atau aliyah, SMK gk bisa? Dan kenapa gk bisa kak?
    Trimakasih ๐Ÿ˜Š

  68. Kak,, saya orgnya suka banget sama hal yg berbau sandi-sandi gitu. tapi, saya memiliki mata kanan dan kiri minus 5,5. adakah pengurangan poin jika mata kita minus?
    tolongg kak jawab.. soalnya saya mau bget masuk stsn

  69. Kak, permisi saya mau tanya
    kalau usia minimal berapa? terus untuk nilai dari semester 1-5? kalau gigi dicek apanya ya?
    Tahun ini berapa kuota yang diterima?

  70. kak bisa jelasin tentang semua jurusan yang ada di STSN. Terus dibidang apa? Sama Konsepnya gimana?
    Hee yang terakhir materinya apa aja?

    • ada dua jurusan, teknik persandian dan manajemen persandian. Di dalam jurusan teknik persandian ada dua bidang minat, yaitu bidang minat teknik kripto dan teknik rancang bangun peralatan sandi.

      Materinya terkait umum dan kriptografi, serta hal-hal pendukung.. bisa IT, jaringan, dll…๐Ÿ™‚

  71. dek, tes kesehatan termasuk tes buta warna kah? ada kah yang buta warna parsial diterima di STSN? Terima kasih.

    • tes buta warna termasuk dalam tes kesehatan, mas..๐Ÿ™‚

      Jika ada permasalahan dengan buta warna, ataupun penyakit dalam lainnya, kemungkinan besar dari pihak STSN akan memilih yang sehat secara fisik.

  72. misi kak…Insya Allah kalau bisa saya mau daftar di stsn bulan maret besok..tp badan saya dikategorikan “subur”..kira” jadi masalah ga ya kak…?? Makasih๐Ÿ™‚

  73. kak , daftar stin itu hanya 1x untuk satu nik maksudnya itu satu kali seumur hidup? saya salah nulis email nih pas daftarin :(((

  74. Assalamualaikum kak, apa tahun ini ada tes renangnya? terus ada batas berat badan untuk cewe ngga? intinya masuk STSN fisik harus kuat ya kak? kuliahnya berapa tahun kak?
    maaf kalo banyak nanya๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€๐Ÿ˜‰

    • wa’alaikumussalam warahmatullah…. untuk tahun ini tidak ada tes renangnya, dik.. batas tinggi badan 155 cm.. klo berat badan menyesuaikan kondisi tinggi…๐Ÿ™‚

      fisik yang penting sehat, dik…

      kuliah 4 tahun…๐Ÿ™‚

  75. Assalamualaikum kak, saya mau tanya di spmb.stsn.ac.id tertulis “Peserta wajib membawa berkas asli dan membawa bukti-bukti hasil prestasi akademik dan non akademik.” itu memang harus ada prestasi atau bagaimana kak?๐Ÿ™‚

  76. Kak mau tanya, itu pesertanya dari dari seluruh indonesia biasanya berapa?
    Lalu surat keterangan dari instansi yang dikirim itu harus asli ya?, apakah boleh yang legalisir?
    trimakasih๐Ÿ™‚

  77. Permisi kak.
    mau tanya kmren saya ikut pmb STSN tapi belum rezeki tahun ini mau coba lagi.
    Tahun lalu saya mengetahui dari rekan sesama peserta kalau gigi berlubang di permasalah kan ? apakah benar kak ?

    Terima kasih kak.
    Salut postingan 2013 comment-an sampe sekarang
    SUKSES kak.

    • Untuk gigi memang diperiksa, namun ketentuan gigi berlubang atau tidak itu menjadi penentu tes kesehatan spertinya kurang tepat.

      Jika adik merasa punya potensi, baik unggul di akademik, berperilaku baik, sehat jasmani tanpa penyakit serius, maka cb saja.๐Ÿ™‚

      Jika adik sehat namun gigi berlubang, selagi itu masih batas kewajaran ya insyaa allah bakal aman dik, kecuali jika berlubang semua.. Tanda2 km td bs merawat diri..๐Ÿ˜€

      Tetap semangat dan terus mencoba…๐Ÿ™‚

  78. kak gimana ya sama peluang anak yang nilai mtk dan bhasa inggrisnya nge pas bgt sama persyaratan?

    trus,kalo badan kita kurus apa masih memungkinkan buat masuk?

    • Klo memenuhi standar persyaratan dan adik berminat, lbh baik dicoba dik..

      Karena nanti adik di seleksi melalui beberapa tahap, itulah yang menentukan peluang adik layak atau tidak untuk masuk stsn.

      Memungkinkan dik, saya termasuk berbada kurus, hhe

  79. Kak, apa test nya harus telanjang? Kalau tidak mulus (ada bekas cacar) gitu gugur atau tidak? Mohon infonya kak:D

    • Tidak ada dik, nanti akan didata sebelumnya mengenai riwayat kesehatan adik saat tes kesehatan.

      Bekas cacar, jerawat, luka jatuh, komedo, itu tidak menjadi penentu seseorang layak atau tidak masuk STSN.

      Jika adik merasa sehat walafiat, hal seperti itu tidak perlu dikhawatirkan …๐Ÿ™‚

      • Kak kalo nanti nilai smstr ada yg dibawah kkm lgsg di do gak? Kayak stan gitu IPKโค.5 lgsg di do

      • Pertimbangan DO itu tidak hanya dari nilai akademik, namun nilai pengasuhan dari sikap sehari2 pun mempengaruhi, dik..๐Ÿ™‚

      • Kak, nilai mtk nya yg di pakai matematika wajib atau matematika peminatan? Kalau nilainya krg dari 8 langsung ga lolos beneran kak?

      • Wah saya baru tau ada dua nilai itu…

        Ya, karena saat daftar online jika input nilai dibawah 8 maka tidak akan berhasil daftar..

  80. Kak waktu tes kebugaran itu tesnya apa saja? dan ada batas minimalnya apa tidak?
    terimakasih๐Ÿ™‚

  81. Assalamualaikum wr.wb
    kak kalo peluang buat prmpuan lebih kecil ya? tes akademiknya lebih susah mana sma soal sbm?
    terimakasih wassalam…

  82. Asslammualaikum kak, kak saya mau tanya. saya baca di komen diatas ada syarat tinggi badan cewek 155cm. tp saya hanya mempunyai tinggi badan 153cm, sebaiknya saya mencoba mendaftar atau tidak ya kak? jawaban kakak akan saya tunggu. terimakasih kak

  83. Ka waktu tes wawancara harus wajib menunjukkan sertifikat akademik dan non akademik?
    Daftar STSN harus mempunyai sertifikat prestasi?

  84. Pengen masuk STSN bang tapi pesimis
    , tinggi ku hanya 158, kurus, mata minus 6. Udah gitu aku tinggal di Pematangsiantar (sumut) jauh kalok mau daftar ulang dan ujiannya.๐Ÿ˜ฆ Tapi kalok masalah Nilai sangat mencukupi.

    • Klo merasa pesimis dan ragu, lbh baik tidak usah dik…๐Ÿ™‚

      Ada kok mahasiswa yang kurus, pendek, mata minus, bahkan dari sulawesi yang masuk..๐Ÿ™‚

      Tetap semangat ya menyongsong masa depan,๐Ÿ˜€

  85. Ka saya mau tanya,kan kata kaka ada batas tingginya ya..tp yg dipersyaratn spmb itu gada ka,trs gmn ya?

  86. assalamualaikum kak tahun ini saya mau ikut spmb stsn. nah tahap pertama tuh kan tes potensi akademik, apakah pada tes potensi akademik soal soalnya hampir sama kaya setiap tpa yang biasanya kak?

  87. Assalamualaikum kak, di stsn.ac.id tertera utk mengirim berkas dengan raport semester I sampai V serta biodata diri yang ada di raport. Itu hanya raport SMA, atau SMP dan SD juga di foto copy ya kak?

  88. Selamat malam kak.
    Saya izin bertanya beberapa pertanyaan, untuk perempuan rata-rata mengambil jurusan ap?
    Adakah sumber soal-soal tes akademik (TPA) yang tersedia selain buku crypton? Apakah soal nya sejenis atau tidak berbeda jauh dengan yang ada di buku crypton?
    Untuk tes TKD apakah menggunakan system CAT dan adakah batas minimumnya?
    Terima kasih apabila meluangkan waktu untuk menjawab. Keep inspiring and thanks fr a bunch of information given.

    • Semua jurusan rata, dik. Ada yg berminat di MP maupun TP.

      Untuk sumber2 latihan SPMB STSN selain di Crypton harus banyak latihan soal dg berbagai materi sendiri, dik.. Kemungkinan akan lancar saat mengerjakan soal crypton maupun tes akademik..๐Ÿ™‚

  89. Permisi kak, mau nanya. Wawancara stsn menggunakan bahasa apa ya? Bahasa Indonesia ataj bahasa Asing? Terimakasih.

      • Assalamualaikum kak arif..
        Ada wawancara dengan b.inggris ngga ? Misalnya perkenalkan diri dgn b.inggris..
        Truss, untk soalnya sama ngga kayak soal Stan ?
        Mohon bantuannya kak. Thanks๐Ÿ™‚

      • Wa’alaikumussalam warahmatullah..

        Ada salah satu pertanyaan, kamu bisa bahasa apa selain bahasa lokal? Nah ketika kamu menyanggupi bahasa tertentu km bakal diminta berkenalan dg bahasa tsb..๐Ÿ™‚

      • Assalamualaikum,
        Kak, tempat kosnya di daerah mana ya ? dan berapa harga nya..
        Mohon bantuannya kak.. ๐Ÿ˜Š

      • Assalamualaikum kak arif..
        Kak, ada wawancara bahasa inggris nya ngga ?
        untuk soal nya sama ngga kayak STAN?
        Dan dimana kossan yang deket di daerah itu?apa namanya.Dan berapa harganya kak ?
        Mohon bantuannya ya kak arif.. Thanks ๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜ƒ

      • Wa’alaikumussalam warahmatullah..

        Sudah dijawab sebelummya, saya belum tau tipe soal STAN, kos dekat Lemsaneg banyak dik disekitarnya dg harga minimal 500rb perbulan.

        Di dekat STSN kemungkinan menginap diperumahan warga dan bisa negosiasi terkait harga..๐Ÿ™‚

  90. assalamualaikum kak, mau tanya, di stsn ada persyaratan tes butawarna ngga? terus kalau butawarna bisa masuk ngga? makasiih:)

  91. kak pada bagian “nilai rata2 total per semester” itu maksudnya diisi nilai rata2 dari semua pelajaran yang diajarkan di sekolah kah? atau nilai rata2 dari beberapa mata pelajaran tertentu?

    sama, untuk foto, apakah boleh berhijab?

    Terimakasih kak sebelumnya, maaf kak tanya masalah beginian, soalnya saya bingung ma tanya ke siapa. jadi ya tanya ke kakak aja..๐Ÿ™‚

  92. Kak…syarat msk sini nilai mtk sama bahasa inggris NY harus tinggi ya kak?
    Makasih.mohon dijawab

    • Wawancara akademik berupa pertanyaan bagaimana cara kamu belajar, kamu senang pelajaran apa, senang belajar sendiri atau kelompok, bisa bahasa apa, dll..

      Klo yg psikologi akan ditanyakan seputar kepribadianmu, kamu dilingkungan seperti apa, dll

  93. Assalamu’alaikum kak, mau nanya, buat tes wawancara kalo pengetahun kenegaraan sempit gimana ya kak? Apa harus belajar PKn dulu? :”) Makasih kakk

    • Wa’alaikumussalam warahmatullah…

      Banyak2 baca sejarah indonesia saja dik, berapa kali amandemen pancasila, bagaimana seputar pandanganmu thdp politik, dll๐Ÿ™‚

  94. Assalamualaikum, kak mau tanya beberapa tes ini jadwalnya berdekatan apa gimana kak? Soalnya rumah saya jauh, kapan boleh pulang kerumah

  95. bang, tanya lebih dari satu boleh kan ya :v
    tinggiku 165 tp beratnya cm 45 kira” mempengaruhi penilaian tahap kesehatan ga? ._.
    terus waktu pantukhir ditanyain apa aja? :v
    terima kasih ^^

    • Hm, itu ga ideal.. Hhe.. Dulu waktu masuk, tinggi saya 167 dg berat 49..

      Ga ideal juga si, tapi lolos ditahap kesehatan.

      Ditahap kesehatan, jika kamu terbebas dari narkoba atau penyakit berat, insyaa allah lolos dik..

  96. Kak mau nanya..apakah jika dites nanti saya gagal melakukan pull upm dalam artian tidak bisa pull up satu oun dalam satu menit. Apakah otomatis akan gugur?;

    • Wa’alaikumussalam warahmatullah..

      Wah calon2 tes pantukhir nih,๐Ÿ˜€

      Ga perlu menyiapkan materi tes, dan pertanyaan tergantung oleh si pewawancara. Bisa dilihat dari ketegasan dan keyakinan menjawab. Jawab pertanyaan jangan ragu dan tunjukan bahwa kamu memang ingin masuk stsn

      Pertanyaan bisa berupa selain stsn km mendaftar dimana saja? Apakah punya riwayat penyakit atau ga? Apa pekerjaan ortu? Kenapa minat ke stsn? Dll…
      Hanya jawab pertanyaan saja. Secara seleksi yg masuk pantukhir adalah orang2 yg lulus uji untuk masuk stsn, namun dari seluruh peserta yg lolos dipilih yang terbaik lagi diantara peserta tsb. Semoga sukses๐Ÿ™‚

    • Wa’alaikumussalam warahmatullah..

      Wah calon2 tes pantukhir nih,๐Ÿ˜€

      Ga perlu menyiapkan materi tes, dan pertanyaan tergantung oleh si pewawancara. Bisa dilihat dari ketegasan dan keyakinan menjawab. Jawab pertanyaan jangan ragu dan tunjukan bahwa kamu memang ingin masuk stsn

      Pertanyaan bisa berupa selain stsn km mendaftar dimana saja? Pada punya riwayat penyakit ga? Apa pekerjaan ortu? Kenapa minat ke stsn? Dll…
      Hanya jawab pertanyaan saja. Secara seleksi yg masuk pantukhir adalah orang2 yg lulus uji untuk masuk stsn, namun dari seluruh peserta yg lolos dipilih yang terbaik lagi diantara peserta tsb. Semoga sukses๐Ÿ™‚

      • Iya nih kak, bsk sy tes pantukhir, alhamdulillah bisa lalui semua tahapan tesnya kemarin.

        mksh byk kak atas penjelasannya, inysaallah sy gk akan ragu2 buat jawab pertanyaan dari pewawancaranya..

        oya di pantukhir nanti kira2 penilaiannya dilihat dr hasil tes2 sebelumnya gk kak ? jd klo hasil tesnya si A dari tahap 1-6 ternyata lbh bagus dr B, berarti si A yang punya peluang besar untuk bisa masuk STSN ?

  97. Assalamualaikum kak arif, mengenai nilai raport nih. Nilai matematika ku kan ada yg wajib dan minat, dan masing masing terdapat 2 kolom nilai pengetahuan dan ketrampilan. Yang harus minimal 8 itu apakah keduanya dirata ratakan atau bagaimana ya? Makasih kak arif!

    • waalaikumussalam warahmatullah… maaf saya belum bisa jawab pertanyaan adik,.๐Ÿ™‚ bukan panitia…

      Tapi klo dilihat dari segi wajib dan minat, klo menurut saya yg wajib๐Ÿ™‚

  98. assalamualaikum … maaf mau tanya , kalo gigi nya ada yng lubang gimana ? kalo giginya gk rata gimana ? kalo tinggi cuma 144 gimana ? (pendek bgt ya aku ) โ˜น๏ธโ˜น๏ธ

  99. Halo kak, mau tanya, kalau tahun depan STSN buka pendaftaran bulan apa? Dan mata saya minus 1,75 apakah boleh?

  100. assalamualaikum kak ,kak mau tanya nihh, tes akademik nya itu materi nyaa apa aja terus kk dlu latian soal buat masuk stsn nya liat dimana kak, soal nya bingung nyari di internet kek nya ga ada kak , makasihhh

  101. Assalamu’alaikum mas. mau tanya mas, saya dengar-dengar masuk ke sekolah tinggi ini sangat susah, yang pertama karna memang tes-tes masuknya yang susah,dan yang kedua karna saingannya yang memang luar biasa semua. apakah itu benar mas? lalu, kalau sudah lulus, bisa di tempatkan dalam bidang apa saja mas?

  102. Assalamualaikum kak. semakin termotivasi untuk bisa masuk STSN seperti kakak. mau nanya kak, kan tinggi badanku nggak sampai 160, tpi tinggi badan dan berat badanku bisa dibilang seimbang atau normal. bisa lulus nggak kak??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s