Berbagi Pengalaman

Berbagi pengalaman (9) Pesona Taj Mahal


Taj Mahal, India

Melakukan perjalanan ke India, rasanya kurang afdol jika belum berkunjung ke Taj Mahal. Salah satu keajaiban dunia yang terletak di Kota Agra, India kurang lebih 212 kilometer dari ibukota India, New Delhi yang ditempuh sekitar 3 s.d. 4 Jam dengan mobil/taksi. Di kawasan Taj Mahal ini terdapat beberapa bangunan, masjid, makam, dan rumah tamu. Bangunan pada foto di atas merupakan bangunan utama berada di tengah kawasan yang diapit oleh empat menara simetris, lalu pada sisi bangunan tersebut terdapat mesjid dan rumah tamu.

Sebelum pergi ke Taj Mahal, tanpa kepo-in apa saja yang ada di Taj Mahal, saya mengira bahwa bangunan di atas adalah mesjid. Ternyata bukan, 😅 Foto di atas adalah bangunan berisi makam bernama Khurram yang menjadi raja bergelar Kaisar Mughal Shah Jahan dan istrinya bernama Arjumand yang diangugerahkan nama Mumtaz Mahal oleh Kaisar tsb.

Bangunan tersebut dibuat sebagai simbol cinta seorang Kaisar Mughal Shah Jahan kepada Mumtaz Mahal, yang kala itu melahirkan 14 anak namun meninggal saat melahirkan pada ada 17 Juni 1631 masehi.

Gerbang Masuk Taj Mahal

Per Juli 2019, harga tiket masuk bagi wisatawan mancanegara ke kawasan ini sebesar 1.300 Rupee dengan rincian 1.100 Rupee untuk kawasan Taj Mahal dan 200 Rupee untuk masuk ke gedung Taj Mahal. Namun untuk wisatawan lokal sebesar 50 Rupee.

Kesan pertama ke tempat ini, Indah namun harus tetap Mawas Diri. Pertama turun dari mobil untuk masuk ke kawasan Taj Mahal, langsung disambut oleh beberapa orang India yang menawarkan jasa tour guide dengan sedikit memaksa, saran dari pak supir sebelum kami turun sebaiknya jangan dihiraukan dan langsung tinggalkan saja tanpa ada rasa gak enak’an. 🙈 Selain itu, kejadian serupa terjadi ditempat pembelian tiket masuk. Dengan penawaran jasa tour guide dan dibelikan tiketnya oleh orang tsb. Untuk berapa harganya melalui jasa tour guide, saya kurang tau dan gak mau menanyakan ke orang yang menawarkan tsb, khawatir malah semakin menjadi-jadi pemaksaannya, hehe.

Oke cukup sekian, semoga bermanfaat bagi para pembaca blog My Name Is Ali yang akan atau sedang melakukan perjalanan ke tempat ini. Tetap mawas diri dan selamat dalam perjalanan. 😁

Agra, 10 Juli 2019

2 tanggapan untuk “Berbagi pengalaman (9) Pesona Taj Mahal”

  1. Waduh jadi kangen India deh. Beruntung aku udah ke Taj Mahal dua kali muehehehe. Yang pertama kali barengan tiga temen. Yang kedua kalinya malah sendiri, tapi lebih asyik dan menikmati. Nginep di hostel deket Taj Mahal, bangun pagi buta buat antre pertama dan menikmati sunrise di Taj Mahal.
    Benar memang Taj Mahal itu makam, yang masjid justru di samping kanannya, meski nggak digunakan salat lagi.

    Suka

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.