Berbagi Pengalaman

Berbagi Pengalaman (6) Wisudawan STSN


Melanjutkan pendidikan di Sekolah Tinggi Sandi Negara ibarat mengarungi sekolah kehidupan. Tak hanya mendapatkan ilmu akademik, namun sekolah ini melatih mahasiswa untuk mengasah kemampuan diri baik di bidang olahraga, keagamaan, organisasi, serta attitude sehingga lulusan Sekolah Tinggi Sandi Negara merupakan sosok-sosok pilihan yang siap bergabung dalam kehidupan bermasyarakat. Perjalanan berawal dari mengikuti Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Sekolah Tinggi Sandi Negara (SPMB STSN) dan berakhir menjadi seorang wisudawan Sekolah Tinggi Sandi Negara.

SPMB STSN merupakan titik awal ujian untuk seluruh peserta lulusan SMA jurusan IPA yang berkeinginan melanjutkan pendidikan di STSN. Seleksi berawal dari pendaftaran online pada website STSN dengan tenggang waktu satu bulan untuk mengisi formulir pendaftaran, serta calon mahasiswa wajib memenuhi syarat-syarat pendaftaran yang telah ditentukan. Setelah batas waktu pendaftaran onine berakhir, calon mahasiswa diminta untuk melakukan pendaftaran ulang serta seleksi administrasi dengan melakukan verifikasi formulir secara langsung di Sekolah Tinggi Sandi Negara.

Seleksi tahap awal dimulai, para peserta SPMB STSN mengikuti tes akademik dengan materi Tes Potensi Akademik (TPA), Matematika, dan Bahasa Inggris. Waktu yang diberikan untuk mengerjakan soal selama 180 menit. Pada tahap ini merupakan proses seleksi dengan jumlah peserta gugur terbanyak, karena dari ribuan peserta hanya 300 hingga 400 peserta yang lolos ke tahap tes Psikologi. Pada tes Psikologi, peserta SPMB STSN mengikuti rangkaian kegiatan tes yang bertujuan untuk mengukur kompetensi berdasarkan kepribadian dan intelejensi. Sehingga peserta yang lulus dari tes Psikologi merupakan para calon mahasiswa yang memenuhi profil sebagai seorang insan sandi. Selanjutnya adalah tes kesehatan dan kebugaran yang berlangsung dua hari, dengan tim pemeriksa kesehatan dari dokter serta perawat, dan tes kebugaran dengan didampingi oleh tim satuan pengasuhan mahasiswa. Hari pertama yaitu tes kesehatan, peserta SPMB STSN melalui pemeriksaan dari tes mata, gigi, urin, tinggi badan, berat badan, paru-paru, tensi darah, dan beberapa pemeriksaan penyakit dalam lainnya. Sedangkan tes kebugaran yang berlangsung pada hari kedua, peserta mengikuti rangkaian tes, yaitu lari selama dua belas menit, pull up, push up, shit up, dan shuttle run. Dari tes kesehatan dan kebugaran hanya ada 100 hingga 150 peserta yang lolos ke tahap selanjutnya, yaitu tahap Wawancara. Pada tahap Wawancara, peserta SPMB STSN mengikuti tes tertulis Mental Ideologi (MI) dan rangkaian wawancara yang terdiri dari wawancara tentang pengetahuan kewarganegaraan, wawancara akademik, dan wawancara psikologi. Peserta yang lolos dari tahap Wawancara akan mengikuti tes terakhir, yaitu tahap Pantukhir. Tes terakhir ini merupakan keputusan akhir yang menentukan calon peserta pantas atau tidak untuk menjadi mahasiswa STSN, dengan diwawancarai langsung oleh pejabat struktural Lembaga Sandi Negara dan Sekolah Tinggi Sandi Negara.

Dari rangkaian tahapan SPMB STSN yang berlangsung selama kurang lebih tiga bulan, menghasilkan angkatan baru yang siap untuk menempuh pendidikan di Sekolah Tinggi Sandi Negara selama empat tahun.

Selamat datang di kehidupan Sekolah Tinggi Sandi Negara.

Menjalani kehidupan di STSN selama empat tahun, tidak hanya belajar akademik di gedung perkuliahan namun termasuk gedung asrama, perpustakaan, ruang makan, tempat ibadah, fasilitas olahraga merupakan prasarana yang disediakan untuk meningkatkan kompetensi dan kepribadian bagi setiap mahasiswa. Sehingga saat masa orientasi kampus atau yang lebih dikenal dengan Program Pembentukan Mahasiswa Baru (PPMB), mahasiswa sudah ditanamkan lima prinsip angkatan agar dapat melalui kehidupan bersama di lingkungan STSN. Lima prinsip angkatan tersebut, yaitu saling tolong menolong, saling bekerjasama, saling mengingatkan, kami bersaudara, serta masuk dan lulus bersama.

Dalam hal akademik, beban studi yang ditempuh selama empat tahun oleh mahasiswa STSN adalah 146 Satuan Kredit Semester (SKS). Pada semester kedua, mahasiswa berhak memilih antara dua program studi yaitu Program Studi Teknik Persandian dan Program Studi Manajemen Persandian. Sedangkan pada semester ketiga, mahasiswa pada Program Studi Teknik Persandian berhak memilih antara dua bidang minat yaitu Teknik Kripto dan Teknik Rancang Bangun Peralatan Sandi.

Terdapat empat angkatan dengan masing-masing tingkatan serta evolet yang berbeda. Tingkat satu merupakan mahasiswa baru yang memiliki evolet berwarna hijau, tingkat dua memiliki evolet berwarna kuning, tingkat tiga memiliki evolet berwarna merah, dan tingkat empat yang merupakan mahasiswa senior memiliki evolet berwarna biru. Masing-masing tingkatan memiliki beban akademik yang berbeda, bermula dari tingkat satu yang berkutat dengan materi nilai-nilai dasar, seiring dengan naik tingkat maka materi yang dipelajari semakin merucut ke arah ilmu persandian, khususnya untuk tingkat empat yang memiliki kewajiban untuk menuntaskan Tugas Akhir dengan tema sesuai dengan program studi yang ditempuh.

IMG_20150126_114007_1422247288700

Dengan syarat menuntaskan 146 SKS beban studi dan menjadi mahasiswa yang taat peraturan tanpa terlibat pelanggaran berat terhadap Peraturan Kehidupan Mahasiswa (Perdupma), maka mahasiswa tersebut berhak dinyatakan lulus dalam menjalankan pendidikan di Sekolah Tinggi Sandi Negara. Perjalanan sebagai seorang mahasiswa berakhir dengan prosesi wisuda bagi mahasiswa yang berhasil lulus pendidikan di STSN. Pengucapan janji wisudawan diikrarkan sebagai pegangan yang harus dijalankan, sehingga dapat senantiasa menjunjung tinggi kehormatan almamater Sekolah Tinggi Sandi Negara sebagai insan persandian Indonesia untuk mengabdi kepada nusa dan bangsa.

43 tanggapan untuk “Berbagi Pengalaman (6) Wisudawan STSN”

  1. Terima kasih kak infonya, minta tolong doanya semoga saya tahun ini lolos semua tes PSSN, aamiin. Baarakallahu fiika

    Suka

  2. Kak mau nanya nih,untuk tahap tes akademik nya mapel apa aja yang keluar??biar lebih fokus ke mapel itu aja belajarnya
    Makasiii ya kak

    Suka

  3. Assalamu’alaikum. Permisi kak izin bertanya. Kakak ada kontak yang bisa dihubungi kah? Saya pengen tanya-tanya tentang STSN kak, bagaimana kehidupan di sana. Terima kasih

    Suka

    1. Kak mau numpang nanya nih,untuk tahap tes akademik ituu mapel apa aja ya yang keluar,terus mtk nya kebanyakan tentang apa ya?

      Suka

  4. Mau nanya ka. Inikan kaka udah lulus, itu gelarnya gimana ka?. Soalnya saya penasaran, apbila sudah lulus dari stsn lanjut kuliahnya itu (ke perguruan tinggi lain, misal UGM, ITB dll) ngambil S1 atau S2?
    Makasih ka

    Suka

  5. Assalamu’alaikum, kak. Saya mau tanya masalah minusnya bagaimana ya? Apa minus itu tergolong cacat fisik? Terima kasih

    Suka

    1. Wa’alaikumussalam yolanda..

      Mata minus tidak termasuk cacat fisik, yolanda.. cacat fisik, misal seperti lumpuh. Sehingga tidak bisa mengikuti kegiatan stsn dengan baik. šŸ™‚

      Suka

    2. Kak mau numpang nanya nih,untuk tahap tes akademik ituu mapel apa aja ya yang keluar,terus mtk nya kebanyakan tentang apa ya?

      Suka

  6. Assalamu’alaikum, kak. Saya mau tanya lagi, saya kan punya min 3 nah dulu saya juga sudah pernah tanya ke kak Arif kalau punya min ndak dipermasalahkan. Tapi waktu saya lihat persayaratan mahasiswa untuk tahun lalu tidak boleh ada cacat fisik kak. Itu bagaimana ya kak?

    Suka

  7. Assalu’alaikum kak, saya mau tanya. Ada ketentuan tinggi badan tidak? Untuk yang sistem DO kalau gagal dalam semester itu maksudnya bagaimana?
    Terimakasih.

    Suka

    1. Wa’alaikumussalam widiya.

      Bisa dibaca pada persyaratan masuk di web stsn ya dik.. tahun saya daftar tidak tercantum persyaratan tinggi, tapi ketika saya cek pendaftaran yang terbaru, klo tidak salah pernah lihat tercantum di syarat pendaftaran.. jadi menyesuaikan dengan syarat dan ketentuan pendaftaran tiap tahunnya yaa šŸ™‚

      Jika tidak terikat dengan CPNS, maka DO = keluar šŸ™‚

      Suka

  8. Assalu’alaikum kak, saya mau tanya. Ada ketentuan tinggi badan tidak? Untuk yang sistem DO kalau gagal dalam semester itu maksudnya bagaimana?
    Terimakasih.

    Suka

  9. Assalamu’alaikum kak Arif:)
    Saya Rahma, salah satu pelajar kls XII di Jogja
    Kak, kalau saya minta kontak kak Arif boleh tidak, ya? Email/sosmed gituu, terserah kak Arif. Saya mau tanya2 ke ttg seleksi dan pembelajaran di STSN. Kakak kelas saya blm ada yg sekolah di sana, jd bingung mau tanya2 ke siapa hehe. Terima kasih sebelumnya:)

    Suka

  10. Kak saya punya pertanyaan:
    1. Kan setiap semester ujiannya pakai sistem gugur. Nah, kalau misalnya pertama kali masuk keterima 50 orang. Berarti ada yang gugur setiap semester minimal 1 pelajar. Yang berarti total pelajar yang gugur sampai masa pendidikan berakhir itu per-angkatan minimal 7-8 orang dong? sedangkan di video kakak sebelumnya NCI 10 lulus 100%. Jadi saya kurang ngerti dengan makna ‘sistem pendidikan gugur’ ini, tolong penjelasannya.
    2. Setahu saya sandiman itu bekerja secara rahasia. Cuman kayaknya kok kakak biasa2 aja ya? nunjukin di depan umum kalau kakak itu lulusan sandi negara, walaupun kakak kerja ga kerja di Lemsaneg tapi ‘kan kakak bisa aja diapain gitu misalnya diperas buat nyari informasinya ‘kan?
    Sekian kak, maaf kalau panjang. :))

    Suka

    1. hehe.. šŸ˜€
      baik dik,
      untuk pertanyaan yang pertama, sepertinya adik salah mendapatkan informasi terkait hal tsb, sistem gugur itu jika mahasiswa/i tidak bisa mengikuti proses pembelajaran akademik maupun proses pengasuhan. Jika kedua proses tsb dijalani dg baik tentunya tidak akan ada proses DO.

      untuk pertanyaan kedua, yang rahasia itu adalah informasinya dan kegiatannya bukan manusianya (beda hal jika ia bekerja dibidang intelijen lapangan).
      Memang sudah menjadi suatu resiko, misal seorang personil sandi di culik lalu ditekan untuk mendapatkan rahasia, namun kami sudah bersumpah untuk tetap mentaati kode etik dan menjaga rahasia negara.
      Yang harus dihindari adalah show up ketika personil sandi tsb sedang bertugas yang bersifat “rahasia” atau “terbatas”.

      Tujuan saya posting ini sebenarnya bukan untuk menunjukan bahwa saya lulusan sandi, namun untuk mengajak dan memberitau kpd adik2 di seluruh penjuru yang mempunyai kemampuan yang baik dan idealisme tinggi thdp negara untuk mengabdi kpd bangsa ini melalui sandi negara.

      Dan saya hanya memberitau secara umum, sebagai gambaran untuk pembaca yang berminat.

      kembali ke masa lalu, saya pasti membutuhkan informasi untuk masuk ke STSN, tanpa ada yang memberitau informasi tsb saya pasti ga tau apa itu stsn dan sandi… šŸ™‚ demikian dik

      Suka

      1. Terima Kasih kak atas infonya. Dan disini saya ingin menanyakan lagi kak seputar STSN.
        1. SPMB STSN 2017 pembukaan pendaftaran dan pemberkasan mulai kapan ya kak?
        2. Apakah pembukaan pendaftaran dan pemberkasan STSN sama dengan sekolah ikatan dinas lain, karena ada teman saya yang ingin ke sekolah kedinasan tetapi tidak ada info di internet seputar pembukaan pendaftaran dan pemberkasan.
        3. SKCK yang nanti dibuat untuk pemberkasan itu tingkatnya POLSEK, POLRES, atau MABES POLRI ya?

        Suka

  11. Assalamualaikum kak, aku boleh minta email, id line, pin bb atau apa deh terserah kakak, aku pengen tau lebih banyak soal stsn, tolong ya kak :”

    Suka

  12. Assalamu’alaikum,
    Kak kalo boleh tau biasanya pendaftaran STSN itu sekitar bulan apa?
    Nilai raport itu pengaruh nggak buat seleksi masuknya?
    Kakak udah lulus belom? Biasanya lulusan STSN itu kerjanya dimana kak?
    Waktu kakak di asrama itu ada aturan2 khusus nggak?
    Sebelumnya maaf ya kak aku banyak tanya, soalnya aku masih kurang tau tentang STSN, aku dari jawa tengah tau STSN pun waktu liat brosurnya di ruang BK t.t
    Tolong di jawab ya kak, terimakasih :”)

    Suka

    1. Wa’alaikumussalam warahmatullah…

      Pendaftaran dibuka biasanya skitar akhir maret atau awal april, nilai rapot khususnya nilai mtk dan bing ada batasan minimal untuk bisa daftar di stsn.
      Saya sudah lulus dik, lulusan stsn kerja di bawah Lemsaneg, dan instansi pemerintah yang membutuhkan personil sandi. šŸ™‚

      Suka

  13. assalamualaikum ka, waktu jamannya kakak rata2 jarak tiap tes nya berapa lama ya ka ? trs pas tes psikologi nya itu ada tes menggambar (semisal : pohon/rumah/orang) gitu ga ka ? atau hanya tes tulis aja ?

    Suka

  14. Halo kak. Mau bertanya, kalo stsn sebetulnya sekolah semi-militer atau fokus di akademik saja? Terima kasih

    Suka

  15. assalammua’laikum. Kak, sewaktu tes dulu, wawancaranya pakai bahasa apa? Asing atau Indonesia?
    stsn kan tesnya di Bogor langsung. Sewaktu kakak tes, ada peserta yang numpang nginap di stsn atau daerah sekitar gak kak?
    Terimakasih.

    Suka

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.