Berbagi Pengalaman

Berbagi Pengalaman (3) Tahapan Seleksi STSN (POLTEK SSN)


Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi pengalaman mengikuti ujian masuk ke Sekolah Tinggi Sandi Negara. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk adik-adik calon mahasiswa yang berminat untuk masuk ke sekolah yang menurut saya “Alhamdulillah” itu. 😀

Tahun 2010 sebenarnya saya pernah daftar ke perguruan tinggi ini, tapi saya harus berhenti berjuang hingga tes psikotes yaitu ujian tahap ke-3 (saat iu). Tahun 2011, saya mengikuti ujian SPMB STSN lagi, berawal dari kerja keras disertai ikhtiar hingga berakhir dengan manis. Ya, saya masuk ke dalam 40 orang pilihan STSN.

SPMB STSN 2011, saya sudah pantau websitenya dari 1 bulan sebelum pembukaan pendaftaran online. Saat itu, website sudah di update oleh pihak STSN, pebukaan pada awal april (kalo gak salah). Pendaftaran hari pertama pada pukul 07.00 pagi, saya membuka link pendaftaran, dan saat mendaftar saya berada di pendaftar ke-15 saat itu. Jangka waktu 1 bulan pendaftaran online, akhirnya hanya terdapat 1814 pendaftar online. Pengumuman selanjutnya adalah calon mahasiswa diminta untuk pendaftaran ulang dengan verifikasi secara langsung di Sekolah Tinggi Sandi Negara untuk selanjutnya mengikuti tes akademik di gor dekat ragunan. Saat verifikasi, gunanya untuk kepastian peserta pendaftar, dengan bukti KTP atau kartu identitas lainnya. Mungkin yang agak kaget, saya ditanya nomor telepon orang tua yang saya cantumkan di pendafataran online. Untungnya saya bisa jawab.

Tahap selanjutnya, beranjak ke tes akademik. Tahun 2010, saya melakukan tes akademik di Sekolah Tinggi Sandi Negara, tetapi untuk tahun 2011 saya melakukan tes akademik di Gor Ragunan. Dengan ragu-ragu akan tujuan, saya sendiri menuju ke daerah ragunan untuk pertama kali. Saya berangkat pukul 10 pagi dari Sukabumi, sampai sana siang menjelang sore. Sempat menjadi gelandangan disana, karena seperti orang ilang untuk mencari tempat yang dituju. Tanpa malu tanya kesana-kemari, akhirnya saya temukan juga Gor Ragunan tempat tes akademik. Jika tidak salah saya lihat dari jumlah tempat duduk, hanya 1400 yang melakukan verifikasi ulang.

Jujur, pengalaman saat di Ragunan. Saya berusaha cari tempat penginapan atau kos yang ada di daerah tersebut, tetapi apa daya usaha mencarinya pun sia-sia. Daerah kos dan penginapan sudah penuh terisi oleh para peserta SPMB. Hingga pukul 20.00, tujuan saya bukan untuk mencari tempat penginapan, melainkan tempat singgah apa saja yang bisa dijadikan untuk tempat tidur. Syukur alhamdulillah, saat itu saya masih bisa tidur di mesjid dalam kompleks Gor Ragunan, ditemani oleh para peserta pendaftar yang tidak kebagian penginapan atau mungkin mereka memang sengaja untuk mengirit uang dengan menginap di mesjid. ( tujuan sama, hha 😀 hemat Rp. 50.000). Tetapi resiko yang saya dapat, saya susah untuk tidur. Mungkin saat itu, saya baru bisa tidur jam 2 pagi, dan bangun jam 4 pagi, karena adzan subuh. Nyamuklah penyebab utamanya,, 😥

Tes masuk, dilakukan secara dua gelombang. Saya termasuk ke dalam gelombang pertama. Saat tes, saya berusaha melawan ngantuk sekaligus menghadapi soal-soal MIPA, TPA, dan Bahasa Inggris. Tetapi alhamdulillah semua berjalan lancar. Hingga pengumuman akan diumumkan satu minggu kemudian. Perjalanan pulang dari Ragunan ke rumah, saya lagi-lagi “kesasar” dengan naik busway untuk pertama kalinya… *_* Tak apa, semua bisa jadi pengalaman baru…

LOLOS!! Alhamdulillah tes akademik bagi saya, bukan sebagai penghalang masuk untuk menjadi calon mahasiswa. Saat itu, jumlah pendaftar yang diterima hanya 400 orang. Selanjutnya adalah mengikuti tes psikotes, yang akan diadakan langsung di Sekolah Tinggi Sandi Negara. Berangkat setelah subuh dari Sukabumi, saya melaju dengan angkutan umum menuju kampus idaman saya waktu itu. Seperti halnya tes psikotes pada umumnya, saya mengikuti alur tes dari a-z, yang dimulai dari jam 9 pagi hingga sore.

Menunggu dan menunggu hasil pengumuman selanjutnya, akhirnya untuk tahun 2011 saya berhasil lolos untuk ke tahap berikutnya. Sontak, itu sedikit kejutan. Karena saya mempunyai peluang untuk bisa masuk ke STSN, saat itu calon mahasiswa/i yang diterima hanya 200 orang. Jadi ada peluang sekitar 1/5 untuk masuk ke STSN.

Tahap selanjutnya adalah tahap administrasi, saat itu hanya mengumpulkan lampiran-lampiran administrasi berupa ijazah, skck, surat tanda sehat, dll… Semua, sebagai sarat masuk untuk ke tahap berikutnya yaitu tes kesehatan dan olahraga.

Masuk ke tahap ke-4 ini, terbagi menjadi dua hari. Tes kesehatan pada hari pertama dan tes olahraga pada hari kedua. Saat itu, saya tidak mungkin untuk berangkat-pulang-berangkat dari Sukabumi ke Bogor, saya pun mencari tempat penginapan rumah warga disekitar kampus. Dengan biaya Rp. 25.000 semalam, saya bisa menginap disana dengan fasilitas seadanya.

Hari pertama, saya mengikuti rangkaian tes kesehatan dari tes gigi, mata, urin, tinggi badan, berat badan, paru-paru, dll. Tensi darah tak luput di cek, saya dengar dari dokternya ternyata tensi darah saya sedikit lemah. Katanya “jarang olahraga ya, Mas.” Saya jawab “iya”. Haha 😀

Hari kedua, tes olahraga. Walau cukup melelahkan dengan mengikuti lari memutari lapangan selama 12 menit, pull up, push up, shit up, shuttle run, saya bisa dibilang rata-rata ke bawah dibandingkan dengan yang lain. Saat selesai tes, saya pulang dengan rasa pesimis. Karena dihari pertama, saya dapat teguran jarang olahraga, ditambah dengan hari kedua, hasil tes olahraga saya termasuk yang palling rendah. Saya laporan ke orangtua dan merekapun mengucapkan “Ya, serahkan saja sama Allah. Mudah-mudahan diberi hasil yang terbaik, jangan lupa berdoa”.

Dan alhamdulillah hasilnya diluar prediksi, saat hasil pengumuman di umumkan. Saya masuk ke dalam 100 orang yang lolos ke tahap selanjutnya. Rasa dag-dig-dug menunggu pengumuman terbayar sudah dengan mengucap syukur bisa lolos ke tahap ke-5.

Tes selanjutnya adalah wawancara. Tes ini, mungkin salah satu tes vital untuk pantas atau tidaknya calon mahasiswa yang layak untuk masuk STSN. Saya mengikuti 3 tahap tes wawancara, yaitu wawancara akademik, wawancara psikologi, dan wawancara tentang pengetahuan kenegaraan. Tak heran, saat mengikut tes ini pasti ditanya “macem-macem” dari A-Z. Saran untuk adik-adik yang masuk ke dalam tahap ini, utamakan JUJUR dan jaga etika. 😀 okey!

Wawancara apa adanya di tes tahap ke-5, menempatkan saya ke dalam 78 peserta yang lolos ke dalam tes pantukhir. Apa itu pantukhir? tes ini merupan final, untuk menentukan siapa saja yang layak masuk ke dalam 40 orang pilihan STSN. Tak tanggung-tanggung, kami ber-78 orang itu akan diwawancara langsung oleh para petinggi Lembaga Sandi atau pihak penyelenggara STSN. Hanya ditanya sekitar dua puluh menitan, keluar ruangan. Dan pengumuman selanjutnya adalah menunggu hasil tiga hari kemudian di web STSN. Siapa saja yang akan masuk sebagai mahasiswa/i STSN angkatan 10.

Detik demi detik, menit demi menit, jam demi jam, hari demi hari, (sedikit lebay :p ) untuk menunggu hasil, AKHIRNYA!!!!!!! Saya membuka pengumuman pada pukul 11 malam…. Dengan berhadapan depan komputer rumah disertai modem yang sedikit lemot, saya masuk ke dalam 40 orang itu.

Terharu! Karena mengintip rangkaian cerita selama satu tahun ke belakang. Perjuangan itu terbayar manis, dengan hadiah dari Allah…. 😀 Akhirnya saya bisa juga masuk ke STSN yang katanya memang sekolah GRATIS dan insyaAllah tak serumit PTK atau PTN lain…. Sayapun pun melakukan registrasi ulang, untuk menjawab kepastian sebagai mahasiswa STSN angkatan 10 ke kampus STSN….

Dan kesan saya setelah masuk menjadi mahasiswa. “Kalian tidak akan pernah menyesal untuk masuk sini.”

Pesan untuk adik-adik calon mahasiswa, jangan takut mendaftar dan mencoba di STSN. Usaha disertai doa, insyaAllah kalian masuk ke sekolah impian ini. 🙂 Tetap semangat dan berjuang…. 😀

Next, Berbagi Pengalaman (4). Tentang apa ya? Tunggu aja, hahahah…. 😀

643 tanggapan untuk “Berbagi Pengalaman (3) Tahapan Seleksi STSN (POLTEK SSN)”

  1. Saya pengen banget bang,anak saya bisa masuk stsn.cuma anak saya giginya sudah bolong karena pernah sakit gigi…ini akan berpengaruh tidak bang?

    Suka

    1. Setau saya ujian SKD dipegang dan diselenggarakan di BKN dik, jadi ada ambang batas untuk masing2 jenis tes, sperti tes wawasan kebangsaan (TWK), tes intelegensia umum (TIU), dan tes karakteristik pribadi (TKP).. jika melebbihi ambang batas, sudah dinyatakan lulus, namun jika tidak terpenuhi maka gagal..

      Suka

    1. sebenarnya tergantung diwawancarai oleh siapa dik.. kadang yang mewawancarai menguju kemampuan bahasa ingris calon peserta dengan memberikan pertanyaan melalui bahasa inggris.. tapi jika tidak lancar bisa menggunakan bahasa indonesia 🙂

      Suka

  2. Kak, apakah pendaftar untuk tahun ini/tahun depan ada minimal tinggi dan berat badan? soalnya orang tua saya ragu, karna badan saya hanya 143cm ka

    Suka

    1. ga ada ketentuan demikian dik, kecuali prasyarat tinggi badan, beberapa waktu yang lalu pernah tercantum syarat tinggi badan, namun sepengetahuan saya untuk tahun kemarin persyaratan tinggi badan sudah tidak ada lagi.

      Suka

  3. Lulusan SMK jurusan pariwisata bisa masuk atau tidak bang? Saya baca persyaratan umum lulusan SMK jurusan IT, tolong penjelasannya

    Suka

  4. Lulusan SMK jurusan pariwisata bisa masuk atau tidak bang? Saya baca persyaratan umum lulusan SMK jurusan IT Yang bisa. Mohon penjelasannya bang

    Suka

  5. assalamualaikum kak arif, saya mau nanya apa di stsn wajib bisa berbahasa inggris? karena bahasa inggris saya bisa dibilang sangat kurang, terimakasih sebelumnya

    Suka

  6. Kak, mau tanya pantukhir stsn itu sama dengan pantukhirnya akmil, akpol yang mana mereka dinilai dari cara berjalan, postur tubuh, penampilan, begitu?

    Suka

      1. Kak, kalau boleh tau tes wawancara akademik itu seperti apa ya? Trus untuk minus mata 2.0 apakah bisa?

        Suka

      2. bisa berupa tes, atau pertanyaan cara belajarnya seperti apa dik. Minus 2.0 insyaallah diterima.. adik kelas saya bahkan ada yang minus 5.. 🙂

        Suka

  7. Saya tahun 2019 insyaallah mau coba tes stsn ka. Cuman saya pesimisnya di tes mata. Mata saya minus 1.4 . Kemaren waktu kaka tes, tes matanya kemaren batasnya berapa kak. Itu aja, makasih kak

    Suka

  8. ka mau nanya saya baca di internet, katanya lulusan STSN yang akan didinaskan harus bersedia namanya dihapus dari KK, seperti menghilangkan identitas asli kita dan mendapatkan identitas baru.
    emang gitu ka?? semuanya begitu??

    Suka

      1. Sya lupa link nya ka..tapi Alhamdulillah kalo ga bener ka, brarti yang nulis artikel yg saya baca juga dapet informasi yng salah juga. Hehehe….
        Makasih infonya ya ka…

        Suka

    1. mohon maaf dik, saya belum pernah nyoba naik angkutan umum dari karawang.. 😅 mungkin bisa cari via google ya.. alamat stsn juga bisa ketemu di google, hhe

      Suka

    1. persyaratan tiap tahunnya akan diinfokan oleh panitia SPMB STSN, bisa di cek di website nya yak… sepertinya gigi berlubang bukan masalah serius, kecuali berlubang semua mungkin.. 😅

      Suka

      1. Makasih kak udah direspond, oh iya untuk tes tulisnya itu materinya ada apa aja ya?
        Apa hanya MIPA,TPA,dan Bahasa Inggris?

        Suka

  9. ijin kak, mau tanya.
    kak, pull up standarnya per menit berapa? Sit Up standarnya per menit berapa? Sit Up standarnya per menit berapa? Lari 12 menit standarnya berapa putaran?
    makasih kak

    Suka

  10. Pas angkatannya kakak ada yang perempuan nggak?
    Jujur saya pengen banget masuk STSN masih kelas 9 SMP
    Umur baru 13 lagi
    Kira-kira susah nggak ya buat masuk ke sana?
    Bagi tips buat masuk dong kak
    Makasih loh sebelumnya

    Suka

    1. Tiap tahun ada kok dik… Semua orang punya kesempatan, jadi adik juga pasti punya kesempatan. Tergantung adik mau ambil atau tidak kesempatan itu.

      Selain itu, perlu kesungguhan untuk masuk kesini. Niat dan tekad yang baik untuk bisa menempuh setiap tahap tes.

      Doa dan ikhtiar, kuncinya 🙂

      Suka

  11. Setau saya dari seorang guru yang waktu itu pernah mengajar di kelas kalau di STSN itu yang dinilai tiap mapel sedangkan disekolah kedinasan lain itu setiap nilai semester

    Suka

  12. kak saya mau tanya di STSN ada tes kesehatan yang sampe ditlanjangi mcm tes di polisi itu gak? dan syarat tinggi minimal utk perempuan itu berapa ya?
    mohon sekali dibalas kak
    trmksh sblmna

    Suka

  13. Maaf kak nanya lagi…
    Di STSN kan pakai sistem gugur gitu tiap semester kan ya? Nah katanya sistem gugurnya STSN itu ‘beda’. Maksudnya gimana ya kak? Atau bisa dijelaskan sistem pendidikannya sendiri di STSN bagaimana?

    Suka

  14. assalamu’alaikum kak,kalo untuk lulusan tahun sebelumnya nilai UN ada syarat minimalnya gak?kalo ada minimal berapa dan mapel apa aja?

    Suka

  15. Assalamu’alaikum, kak. Mau numpang tanya, kalau tinggi saya ndak sampai 160 dan saya minus 3 masih bisa ndak kak?

    Suka

  16. kalo lulus STSN penempatan kerjanya gimana kak? apakah semua langsung kerja di lemsaneg? kalo kakak dimana?

    Suka

  17. Makasii kak sangat menginspirasi…
    Kak kalo tes ct/mi itu systemnya bagaimana kak.?
    Trus materi apa aja kak??
    Trimakasih

    Suka

  18. Ka izin tanya, dengar2 saat psikotes di ganggu dengan berisik2 ya ka? Itu benar ka? Saat psikotes biasanya kan ada petunjuk, nah saat memberi tahu petunjuk juga berisik2 ka? Soal psikotesnya tes tpa atau dengan gambar rumah atau pohon?

    Suka

  19. Assalamualaikum kaka, saya mau bertanya kak.
    1.apakah ada tes yang buat karangan itu karangan apa kak?
    2. Untuk tes kesehatan gigi itu yang dilihat apa saja kak?
    3. Saat mengikuti tes, kakak menggunakan baju apa?
    4. Kak, saya selalu dredeg waktu tes dan saat ditanya (keringat dingin) .untuk mengatasi rasa dredeg dan bilang “e… ” itu bagaimana caranya kak?
    Terima kasih ,wassaalamualaikum

    Suka

      1. Kak, aku kemarin harus daftar ulang, tapi aku di asrama jadi tidak bisa daftar ulang, kalau daftar ulang sekaligus tes tidak bisa ya kak?

        Suka

  20. kak, kalo untuk test TKD tuh bakal ada minusnya nggak sih? maksudnya kalo misalkan jawaban salah nilainya -1 gituu

    Suka

  21. Kak, mau tanya dong.
    – Waktu tes fisik itu ada tes renangnya ngga?
    -Waktu tes akademik soal matematikanya susah ngga menurut kakak?
    – Waktu tes pantukhir itu 78 orang langsung ditanya sekaligus atau satu persatu?

    Suka

    1. bakal ditanya tuh terkait pengetahuan adik tentang kondisi negara kita dari kemerdekaan hingga sekarang, sekaligus bakal ditelusuri apakah adik memiliki paham yang radikal atau tidak.

      Suka

  22. assalamualaikum ka arif, maaf sebelumnya saya mau banyak nanya nih hehehe
    1. ka mau nyari buku crypton dimana ya?
    2. ka badan ku ga ideal bisa ga? tinggi 178cm berat 57kg?
    3. tes kesehatan dan MMPI itu apa ka?
    4. ada tes yang seluruh tubuh ka?(yang lepas pakaian) itu diperiksa apanya emang?
    5. pengalaman kaka tes wawancaranya pertanyaannya gimana ka?

    segini dulu deh heheh padahal masih banyak yg mau ditanyain. makasih ka maaf banget banyak nanya

    Suka

    1. wa’alaikumussalam dik… 1) bisa hub akun spmb stsn baik di fb maupun twitter dik.. 2) wah, kurus sekali ya, hhe… coba dik, saya juga dulu termasuk kurus yang penting sehat 3) tes kesehatan cek luar dalam kondisi tubuh, untuk Tes MMPI (Inggris: Minnesota Multiphasic Personality Inventory) adalah tes psikometri yang digunakan untuk mengukur psikopatologi orang dewasa di dunia . Tujuan dari tes ini adalah memberikan gambaran tentang dimensi-dimensi kepribadian dan psikopatologi yang penting dalam klinik psikiatri secara akurat (sumber internet). 4) dulu si ada, salah satunya periksa apakah berpenyakit ambeien atau verokokel 5) pertanyaannya mudah dik yang penting jawab jujur dan sesuai etika.

      🙂

      Suka

    1. Berdasarkan pengalaman saya, sempat ditanyakan bisa berbahasa asing apa? Lalu di tes perkenalan dg menggunakan bhs tsb.. namun itu semua tergantung dg yang akan mewawancarai km dik..

      Suka

  23. Berat badan kakak waktu mengikuti tes ideal apa tidak ?

    Kalo berat badan tidak ideal gimana kak ?

    Balas dong kak

    Suka

  24. assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuhi, kak.
    saya mau bertanya,
    -soal lari 12 menit, klo saya lari 12 menit tpi sempat berhenti sejnak nga boleh ya kak?
    -gigi aku udah bagus, tpi sempat dilaser, apa tidak apa2?
    -kenapa di toko-toko buku seperti gramdeia jaang yang menjual soal2 tes nya kak? apa karena STSN sifatnya tertutup.
    makasih, wassalam

    Suka

  25. kak untuk nilai rapot kan dibatasi nilai 8 untuk matpel bhs inggris dan matematika di semester IV dan V nah nilai saya yg bahasa inggris di semester 4 itu 78 kira” bisa ditoleransi atau tidak yaaa?

    Suka

  26. Saya suka cara bercerita kaka, kereen. Dari sulitnya perjuangan bisa lolos di sana, kakak bisa berbagi pengalaman tanpa perlu membanggakan/menyombongkan diri sendiri.
    Jadi sekarang kakak sudah lulus atau mahasiswa tingkat akhir?
    Sukses terus ka

    Suka

      1. Maaf ka sebelumnya, kalau masalah gaji di lemsaneg itu brapa ya kak? Brati ikutnya ons golongan brapa ka? Makasih

        Suka

    1. pertanyaan seputar mental dan ideologi, dik… dengan berbagai pertanyaan yang diajukan, nantinya akan diketahui bagaimana mental dan ideologi yang dimiliki oleh adik2 spmb….

      Dalam bentuk wawancara dan pertanyaan dalam bentuk tertulis

      Di wawancara, ada mengenai psikologi, akademik, dan ideologi

      Suka

  27. Kak mau tanya, surat lamarannya itu kan ditujukan ke ketua STSN, maksudnya ketua itu ketua Penerimaan mahasiswa baru?

    Suka

  28. mas kalo nilai matematika peminatan saya di semester 79 apaka masih bisa ikutan tes stsn ? itu maksut syarat umum nilai mm dan bhs inggris minin 80 itu, nilai matematikannya yang peminatan apa wajib ya mas ? terima kasih

    Suka

  29. Kak mau nanya deh untuk seleksi administrasi berkas. Piagam gitu bisa dilampirin gak ka? Sayang ada osn matnya hehe

    Suka

  30. assalamu’alaikum. kak, saya mau tanya, apakah setelah lulus dari STSN ada kemungkinan mndpat beasiswa di luar negeri? atau lgsung mengabdi pada negara? terima kasih

    Suka

  31. kak izin nanya,pengalaman kakak dalam tes akademik ,itu penilaiannya ada nilai mati nya gak pada setiap mata pelajarannya?terima kasih

    Suka

  32. kak arif tahun ini saya ingin daftar stsn. saya juga sudah beli tiket tryout nya. kira2 soal tryout dengan soal nanti pas kita TPA hampir sama ga? mohon balas kak. thanks

    Suka

  33. kak kalau tes akademik itu sistemnya gimana? ngerjain matematika,inggris,sama tpa nya dipisah ga waktunya atau disekaligusin ngerjainnya dalam waktu yang sama?

    Suka

  34. Assalamualaikum kak. semakin termotivasi untuk bisa masuk STSN seperti kakak. mau nanya kak, kan tinggi badanku nggak sampai 160, tpi tinggi badan dan berat badanku bisa dibilang seimbang atau normal. bisa lulus nggak kak??

    Suka

      1. Kak ditesnya nanti postur tubuh atau body kita berpengaruh atas kelulusan? Ditesnya kira kira bulan brpa yah kak??

        Suka

      2. seperti yang utama tubuh sehat yang akan berpengaruh kelulusan. Awal pendaftaran akhir Maret 2016, biasanya tes berlangsung dari bulan April sampai awal Agustus…
        🙂

        Suka

  35. Assalamu’alaikum mas. mau tanya mas, saya dengar-dengar masuk ke sekolah tinggi ini sangat susah, yang pertama karna memang tes-tes masuknya yang susah,dan yang kedua karna saingannya yang memang luar biasa semua. apakah itu benar mas? lalu, kalau sudah lulus, bisa di tempatkan dalam bidang apa saja mas?

    Suka

  36. Kak mau tanya banyak nih, baru tahu kalo di indonesia ada jurusan kayak gini (dah minat banget deh hehe), sekolahnya mulai senin sampai jumat kan, terus sabtu sama minggunya libur, boleh keluar dari asrama bentar nggak? Terus liburan persemesternya berapa minggu? Ketika lulus tes pns-nya berebeda (langsung tes sendiri) atau sama dengan tes pns yang biasanya? Katanya denger” yang bisa masuk lemsaneg cuman 10%, bener nggak? Dan yang terakhir, kakak sekarang kerja dimana? Dan kalo boleh tanya gajinya sekitar berapa? (Sebelumnya maaf tanya begini, soalnya denger” gaji pns jauh lebih murah dari swasta, bener nggak?). Maaf kak tanyanya banyak hehe, terima kasih.

    Suka

  37. Kak mau tanya banyak nih, baru tahu kalo di indonesia ada jurusan kayak gini (dah minat banget deh hehe), sekolahnya mulai senin sampai jumat kan, terus sabtu sama minggunya libur ,boleh keluar dari asrama bentar? Terus liburan per tahunnya berapa minggu?(maaf tanya yang nggak terlalu penting). Ketika sudah lulus, tes pns-nya dipisahkan atau sama dengan tes pns yang biasa? Terus katanya denger” yang bisa masuk lemsaneg cuma 10%, bener nggak kak? katanya juga saat masih kuliah sudah dibayar bener nggak?(kalo boleh tahu kira” berapa hehe). Terus yang terakhir, Kakak sekarang kerja dimana? Kalo boleh tahu gajinya di kepala berapa?(maaf tanya begini, karena denger” jadi pns gajinya jauh lebih kecil dari swasta). Maaf banget kak tanyanya banyak

    Suka

  38. assalamualaikum kak ,kak mau tanya nihh, tes akademik nya itu materi nyaa apa aja terus kk dlu latian soal buat masuk stsn nya liat dimana kak, soal nya bingung nyari di internet kek nya ga ada kak , makasihhh

    Suka

  39. Halo kak, mau tanya, kalau tahun depan STSN buka pendaftaran bulan apa? Dan mata saya minus 1,75 apakah boleh?

    Suka

  40. assalamualaikum … maaf mau tanya , kalo gigi nya ada yng lubang gimana ? kalo giginya gk rata gimana ? kalo tinggi cuma 144 gimana ? (pendek bgt ya aku ) ☹️☹️

    Suka

  41. Assalamualaikum kak arif, mengenai nilai raport nih. Nilai matematika ku kan ada yg wajib dan minat, dan masing masing terdapat 2 kolom nilai pengetahuan dan ketrampilan. Yang harus minimal 8 itu apakah keduanya dirata ratakan atau bagaimana ya? Makasih kak arif!

    Suka

    1. Wa’alaikumussalam warahmatullah..

      Wah calon2 tes pantukhir nih, 😀

      Ga perlu menyiapkan materi tes, dan pertanyaan tergantung oleh si pewawancara. Bisa dilihat dari ketegasan dan keyakinan menjawab. Jawab pertanyaan jangan ragu dan tunjukan bahwa kamu memang ingin masuk stsn

      Pertanyaan bisa berupa selain stsn km mendaftar dimana saja? Pada punya riwayat penyakit ga? Apa pekerjaan ortu? Kenapa minat ke stsn? Dll…
      Hanya jawab pertanyaan saja. Secara seleksi yg masuk pantukhir adalah orang2 yg lulus uji untuk masuk stsn, namun dari seluruh peserta yg lolos dipilih yang terbaik lagi diantara peserta tsb. Semoga sukses 🙂

      Suka

      1. Iya nih kak, bsk sy tes pantukhir, alhamdulillah bisa lalui semua tahapan tesnya kemarin.

        mksh byk kak atas penjelasannya, inysaallah sy gk akan ragu2 buat jawab pertanyaan dari pewawancaranya..

        oya di pantukhir nanti kira2 penilaiannya dilihat dr hasil tes2 sebelumnya gk kak ? jd klo hasil tesnya si A dari tahap 1-6 ternyata lbh bagus dr B, berarti si A yang punya peluang besar untuk bisa masuk STSN ?

        Suka

    1. Wa’alaikumussalam warahmatullah..

      Wah calon2 tes pantukhir nih, 😀

      Ga perlu menyiapkan materi tes, dan pertanyaan tergantung oleh si pewawancara. Bisa dilihat dari ketegasan dan keyakinan menjawab. Jawab pertanyaan jangan ragu dan tunjukan bahwa kamu memang ingin masuk stsn

      Pertanyaan bisa berupa selain stsn km mendaftar dimana saja? Apakah punya riwayat penyakit atau ga? Apa pekerjaan ortu? Kenapa minat ke stsn? Dll…
      Hanya jawab pertanyaan saja. Secara seleksi yg masuk pantukhir adalah orang2 yg lulus uji untuk masuk stsn, namun dari seluruh peserta yg lolos dipilih yang terbaik lagi diantara peserta tsb. Semoga sukses 🙂

      Suka

  42. Kak mau nanya..apakah jika dites nanti saya gagal melakukan pull upm dalam artian tidak bisa pull up satu oun dalam satu menit. Apakah otomatis akan gugur?;

    Suka

  43. bang, tanya lebih dari satu boleh kan ya :v
    tinggiku 165 tp beratnya cm 45 kira” mempengaruhi penilaian tahap kesehatan ga? ._.
    terus waktu pantukhir ditanyain apa aja? :v
    terima kasih ^^

    Suka

    1. Hm, itu ga ideal.. Hhe.. Dulu waktu masuk, tinggi saya 167 dg berat 49..

      Ga ideal juga si, tapi lolos ditahap kesehatan.

      Ditahap kesehatan, jika kamu terbebas dari narkoba atau penyakit berat, insyaa allah lolos dik..

      Suka

  44. Assalamualaikum, kak mau tanya beberapa tes ini jadwalnya berdekatan apa gimana kak? Soalnya rumah saya jauh, kapan boleh pulang kerumah

    Suka

      1. Ass. Kak, mau nanya. untuk tes stsn tahun ini ada tes renangnya gak? mksh sebelumnya kak.

        Suka

  45. Assalamu’alaikum kak, mau nanya, buat tes wawancara kalo pengetahun kenegaraan sempit gimana ya kak? Apa harus belajar PKn dulu? :”) Makasih kakk

    Suka

    1. Wawancara akademik berupa pertanyaan bagaimana cara kamu belajar, kamu senang pelajaran apa, senang belajar sendiri atau kelompok, bisa bahasa apa, dll..

      Klo yg psikologi akan ditanyakan seputar kepribadianmu, kamu dilingkungan seperti apa, dll

      Suka

      1. Kalo misalkan kemampuan bahasa asing kita masih dalam tahap belajar (belum fasih betul) itu lebih baik bilang bisa atau ga usah ka? Saya takutnya kalo saya bilang bisa, si pewawancara minta saya praktikin hehe

        Suka

  46. kak pada bagian “nilai rata2 total per semester” itu maksudnya diisi nilai rata2 dari semua pelajaran yang diajarkan di sekolah kah? atau nilai rata2 dari beberapa mata pelajaran tertentu?

    sama, untuk foto, apakah boleh berhijab?

    Terimakasih kak sebelumnya, maaf kak tanya masalah beginian, soalnya saya bingung ma tanya ke siapa. jadi ya tanya ke kakak aja.. 🙂

    Suka

  47. assalamualaikum kak, mau tanya, di stsn ada persyaratan tes butawarna ngga? terus kalau butawarna bisa masuk ngga? makasiih:)

    Suka

      1. Assalamualaikum kak arif..
        Ada wawancara dengan b.inggris ngga ? Misalnya perkenalkan diri dgn b.inggris..
        Truss, untk soalnya sama ngga kayak soal Stan ?
        Mohon bantuannya kak. Thanks 🙂

        Suka

      2. Wa’alaikumussalam warahmatullah..

        Ada salah satu pertanyaan, kamu bisa bahasa apa selain bahasa lokal? Nah ketika kamu menyanggupi bahasa tertentu km bakal diminta berkenalan dg bahasa tsb.. 🙂

        Suka

      3. Assalamualaikum kak arif..
        Kak, ada wawancara bahasa inggris nya ngga ?
        untuk soal nya sama ngga kayak STAN?
        Dan dimana kossan yang deket di daerah itu?apa namanya.Dan berapa harganya kak ?
        Mohon bantuannya ya kak arif.. Thanks 😊😃

        Suka

      4. Wa’alaikumussalam warahmatullah..

        Sudah dijawab sebelummya, saya belum tau tipe soal STAN, kos dekat Lemsaneg banyak dik disekitarnya dg harga minimal 500rb perbulan.

        Di dekat STSN kemungkinan menginap diperumahan warga dan bisa negosiasi terkait harga.. 🙂

        Suka

  48. Permisi kak, mau nanya. Wawancara stsn menggunakan bahasa apa ya? Bahasa Indonesia ataj bahasa Asing? Terimakasih.

    Suka

  49. Selamat malam kak.
    Saya izin bertanya beberapa pertanyaan, untuk perempuan rata-rata mengambil jurusan ap?
    Adakah sumber soal-soal tes akademik (TPA) yang tersedia selain buku crypton? Apakah soal nya sejenis atau tidak berbeda jauh dengan yang ada di buku crypton?
    Untuk tes TKD apakah menggunakan system CAT dan adakah batas minimumnya?
    Terima kasih apabila meluangkan waktu untuk menjawab. Keep inspiring and thanks fr a bunch of information given.

    Suka

    1. Semua jurusan rata, dik. Ada yg berminat di MP maupun TP.

      Untuk sumber2 latihan SPMB STSN selain di Crypton harus banyak latihan soal dg berbagai materi sendiri, dik.. Kemungkinan akan lancar saat mengerjakan soal crypton maupun tes akademik.. 🙂

      Suka

  50. Assalamualaikum kak, di stsn.ac.id tertera utk mengirim berkas dengan raport semester I sampai V serta biodata diri yang ada di raport. Itu hanya raport SMA, atau SMP dan SD juga di foto copy ya kak?

    Suka

  51. assalamualaikum kak tahun ini saya mau ikut spmb stsn. nah tahap pertama tuh kan tes potensi akademik, apakah pada tes potensi akademik soal soalnya hampir sama kaya setiap tpa yang biasanya kak?

    Suka

  52. Ka saya mau tanya,kan kata kaka ada batas tingginya ya..tp yg dipersyaratn spmb itu gada ka,trs gmn ya?

    Suka

  53. Pengen masuk STSN bang tapi pesimis
    , tinggi ku hanya 158, kurus, mata minus 6. Udah gitu aku tinggal di Pematangsiantar (sumut) jauh kalok mau daftar ulang dan ujiannya. 😦 Tapi kalok masalah Nilai sangat mencukupi.

    Suka

    1. Klo merasa pesimis dan ragu, lbh baik tidak usah dik… 🙂

      Ada kok mahasiswa yang kurus, pendek, mata minus, bahkan dari sulawesi yang masuk.. 🙂

      Tetap semangat ya menyongsong masa depan, 😀

      Suka

  54. Ka waktu tes wawancara harus wajib menunjukkan sertifikat akademik dan non akademik?
    Daftar STSN harus mempunyai sertifikat prestasi?

    Suka

  55. Asslammualaikum kak, kak saya mau tanya. saya baca di komen diatas ada syarat tinggi badan cewek 155cm. tp saya hanya mempunyai tinggi badan 153cm, sebaiknya saya mencoba mendaftar atau tidak ya kak? jawaban kakak akan saya tunggu. terimakasih kak

    Suka

  56. Assalamualaikum wr.wb
    kak kalo peluang buat prmpuan lebih kecil ya? tes akademiknya lebih susah mana sma soal sbm?
    terimakasih wassalam…

    Suka

  57. Kak, apa test nya harus telanjang? Kalau tidak mulus (ada bekas cacar) gitu gugur atau tidak? Mohon infonya kak:D

    Suka

    1. Tidak ada dik, nanti akan didata sebelumnya mengenai riwayat kesehatan adik saat tes kesehatan.

      Bekas cacar, jerawat, luka jatuh, komedo, itu tidak menjadi penentu seseorang layak atau tidak masuk STSN.

      Jika adik merasa sehat walafiat, hal seperti itu tidak perlu dikhawatirkan … 🙂

      Suka

      1. Kak kalo nanti nilai smstr ada yg dibawah kkm lgsg di do gak? Kayak stan gitu IPK <3.5 lgsg di do

        Suka

      2. Kak, nilai mtk nya yg di pakai matematika wajib atau matematika peminatan? Kalau nilainya krg dari 8 langsung ga lolos beneran kak?

        Suka

    1. Klo memenuhi standar persyaratan dan adik berminat, lbh baik dicoba dik..

      Karena nanti adik di seleksi melalui beberapa tahap, itulah yang menentukan peluang adik layak atau tidak untuk masuk stsn.

      Memungkinkan dik, saya termasuk berbada kurus, hhe

      Suka

  58. Permisi kak.
    mau tanya kmren saya ikut pmb STSN tapi belum rezeki tahun ini mau coba lagi.
    Tahun lalu saya mengetahui dari rekan sesama peserta kalau gigi berlubang di permasalah kan ? apakah benar kak ?

    Terima kasih kak.
    Salut postingan 2013 comment-an sampe sekarang
    SUKSES kak.

    Suka

    1. Untuk gigi memang diperiksa, namun ketentuan gigi berlubang atau tidak itu menjadi penentu tes kesehatan spertinya kurang tepat.

      Jika adik merasa punya potensi, baik unggul di akademik, berperilaku baik, sehat jasmani tanpa penyakit serius, maka cb saja. 🙂

      Jika adik sehat namun gigi berlubang, selagi itu masih batas kewajaran ya insyaa allah bakal aman dik, kecuali jika berlubang semua.. Tanda2 km td bs merawat diri.. 😀

      Tetap semangat dan terus mencoba… 🙂

      Suka

  59. Kak mau tanya, itu pesertanya dari dari seluruh indonesia biasanya berapa?
    Lalu surat keterangan dari instansi yang dikirim itu harus asli ya?, apakah boleh yang legalisir?
    trimakasih 🙂

    Suka

  60. Assalamualaikum kak, saya mau tanya di spmb.stsn.ac.id tertulis “Peserta wajib membawa berkas asli dan membawa bukti-bukti hasil prestasi akademik dan non akademik.” itu memang harus ada prestasi atau bagaimana kak? 🙂

    Suka

  61. Assalamualaikum kak, apa tahun ini ada tes renangnya? terus ada batas berat badan untuk cewe ngga? intinya masuk STSN fisik harus kuat ya kak? kuliahnya berapa tahun kak?
    maaf kalo banyak nanya 😀 😀 😉

    Suka

    1. wa’alaikumussalam warahmatullah…. untuk tahun ini tidak ada tes renangnya, dik.. batas tinggi badan 155 cm.. klo berat badan menyesuaikan kondisi tinggi… 🙂

      fisik yang penting sehat, dik…

      kuliah 4 tahun… 🙂

      Suka

  62. kak , daftar stin itu hanya 1x untuk satu nik maksudnya itu satu kali seumur hidup? saya salah nulis email nih pas daftarin :(((

    Suka

  63. misi kak…Insya Allah kalau bisa saya mau daftar di stsn bulan maret besok..tp badan saya dikategorikan “subur”..kira” jadi masalah ga ya kak…?? Makasih 🙂

    Suka

    1. tes buta warna termasuk dalam tes kesehatan, mas.. 🙂

      Jika ada permasalahan dengan buta warna, ataupun penyakit dalam lainnya, kemungkinan besar dari pihak STSN akan memilih yang sehat secara fisik.

      Suka

  64. kak bisa jelasin tentang semua jurusan yang ada di STSN. Terus dibidang apa? Sama Konsepnya gimana?
    Hee yang terakhir materinya apa aja?

    Suka

    1. ada dua jurusan, teknik persandian dan manajemen persandian. Di dalam jurusan teknik persandian ada dua bidang minat, yaitu bidang minat teknik kripto dan teknik rancang bangun peralatan sandi.

      Materinya terkait umum dan kriptografi, serta hal-hal pendukung.. bisa IT, jaringan, dll… 🙂

      Suka

  65. Kak, permisi saya mau tanya
    kalau usia minimal berapa? terus untuk nilai dari semester 1-5? kalau gigi dicek apanya ya?
    Tahun ini berapa kuota yang diterima?

    Suka

      1. Kak mau tanya kan sy tnggal di sulawesi sya mau mendaftar bgamana cara mendfaftarnya apakah sy harus ke bogor?
        Terus kalo gigi kaka waktu mendftar gigi nya ada yg bolong gk ?

        Suka

  66. Kak,, saya orgnya suka banget sama hal yg berbau sandi-sandi gitu. tapi, saya memiliki mata kanan dan kiri minus 5,5. adakah pengurangan poin jika mata kita minus?
    tolongg kak jawab.. soalnya saya mau bget masuk stsn

    Suka

  67. Di stsn setiap bulan dapat uang saku gak kak? Kalo badannya kurus jd masalah gak? Saya mau masuk stsn ni kak, semoga aja bisa masuk. Aamiinn. Terima kasih

    Suka

      1. Ka mau tanya ?
        Nili bahasa inggris saya smt IV dan V masing* 76 & 77 sedangkan yg MTK 80 ,apa masih ada harapan ka ?

        Suka

  68. Asslamua’alikum kak, saya msh kelas XI kak. Tapi insha Allah saya pengen bgt masuk stsn. Kalo nilai akademik saya alhamdulillah meningkat terus kak. Tapi saya ragu sama tes kebugaran macam lari, push up, pull up. Saya jarang sih olahraga, ditambah saya ga pande renang haha. Itu gimana kak?tes kebugarannya juga berpengaruh ya?trus saya di medan kak, kalo mau ikut tes ujiannya harus pergi ke stsn nya ya kak? Maaf banyak nanyak hehe

    Suka

    1. waálaikumussalam warahmatullah…

      Mumpung masih kelas XI, mulai sekarang rutinkan saja dik fisiknya dan dibiasakan saja olahraganya, insyaAllah saat tes kebugaran nanti bisa mengikuti dengan maksimal. Untuk tahun-tahun sebelumnya, tidak ada tes renang.

      Semua tes berpengaruh, karena setiap tahap menggunakan sistem gugur.

      Tahun lalu sempat diadakan tes di medan, namun untuk selanjutnya tidak dapat dipastikan. Pembukaan SPMB kemungkinan antara akhir maret dan awal april, pantau saja website STSN di spmb.stsn-nci.ac.id

      Sukses dan semangat.. 🙂

      Suka

  69. maaf kak izin menyakan, selama di asrama apakah ada kegiatan terprogram seperti olahraga pagi dan lainnya atau tidak kak? jika ingin menjadi pns harus ikut tes cpns juga kak? selain di lembaga sandi negara apakah bisa mencari pekerjaan lain? terima kasih kak.

    Suka

    1. ada Kegiatan Harian Mahasiswa, dik. Ada juga waktu untuk meluangkan hobinya, misal olahraga, seni, dan akademik di jam mandiri.

      Untuk menjadi PNS harus melalui tes CPNS dahulu…

      Bisa, misal mau bisnis pulsa, wirausaha, dll…

      kecuali klo kerja di instansi lain, itu tidak diperbolehkan jika tanpa izin..

      bgitu, dik… 😀

      Suka

  70. Assalamualaikum. Kak, saya sekarang baru kelas 12 SMA, saya pengen masuk stsn tp saya lemah dalam bahasa inggris dan olahraga gimana ?
    Tp saya sangat mengetahui wawasan kenegaraan, dan paham pula kondisi politik indonesia. Itu tau karena hobi. Terima Kasih

    Suka

    1. wa’alaikumussalam warahmatullah..

      dicoba aja dik, mulai sekarang terus semangat untuk melatih kemampuan diri baik bidang akademik, olahraga, maupun kepribadian, dan jangan lupa berdoa.
      InsyaAllah diberi kemudahan.. 🙂

      Suka

  71. Asslamualaikum 🙂
    Maaf kalo komunikasi pgang hape boleh lagi kpan ya kak :(( galau bgttt ditinggal pendidikan.mhon jwab kak aku hrus sabarnya gimana :’))nggu kpastian, kalo udh sehari hari apa komunikasi juga d batasi? Mhon pencerahannya ya kak makasih :’D maafin baper bgt

    Suka

    1. wa’alaikumussalam warahmatullah..

      stelah selesai ospek atau masa pengenalan kampus sudah diperkenankan membawa alat komunikasi.

      Klo sudah sehari-hari tidak ada batasan untuk komunikasi, namun tentunya tidak mengganggu kegiatan mahasiswa. 🙂

      Suka

      1. Alhamdulillah deh 🙂 tapi bneran berbulan bulan ya ka? 😮
        Hari ini udh mulai nih d tnggal :’) doain ya ka kuat hehe maaf ka maklum baru ldr sih hehe blm terbiasa jadi panik dulu deh.

        Suka

  72. Kak boleh tau nggak, waktu pantukhir kakak ditanyain apa aja, soalnya setelah ini saya tes pantukhir, terimakasih kakak..

    Suka

    1. biasanya mengulas tanya jawab saat proses wawancara dan tahap2 sebelumnya.
      Misal, apa pekerjaan keluarga? kakak kerja apa? kenapa masuk STSN? kamu daftar mana saja selain STSN? kenapa ga pilih yang diluar? ada kenalan di STSN? dll…

      Pertanyaan kadang tidak menentu.. 🙂

      Suka

      1. Kak, jenjang pendidikan di STSN kan dimpola 4 kalau berencana melanjutkan S2 bagaimana? Perlu kembali kuliah jenjang S1 atau ekstensi atau bisa langsung lanjut S2?
        Ohiyaa, dari referensi yang saya tau setelah lulus STSN itu lanhsung ditempatkan unyuk nertugas ya kak? Jika ingin melanjutkan pendidikan bagaimana? Sepengatahuan kakak bagaimana alumni STSN adakah yang berkarier diluar negeri?
        Terima kasih.

        Suka

      2. Bisa, bahkan hingga S3 bisa pula melalui tugas belajar, beasiswa, atau biaya mandiri. Tidak perlu kembali ke jenjang S1, kecuali jika adik menginginkan kembali dari S1.

        mengikuti tes cpns sebelum lulus dari STSN, stelah lulus langsung prajabatan dan penempatan. Jika ingin langsung melanjutkan pendidikan bisa juga.

        Suka

  73. Selamat pagi kak,
    salam kenal kak, saya ingin bertanya beberapa pertanyaan untuk kakak, jika diizinkan melalui email, boleh saya tau alamat email kakak?
    terima kasih.

    Suka

      1. permisi kak,apakah ada penginapan di sekitar lemsaneg? Dulu kakak menginap dimana ya sewaktu pantukhir

        Suka

  74. Mohon maaf Kak, mau tanya. Menurut kakak yang harus dipersiapkan dan dipelajari untuk tes wawancara apa saja?, kemudian untuk tes akademik yg katanya diberi soal dadakan itu materinya kira kira apa?
    terimakasih kak

    Suka

    1. persiapan mental… hha.. 😀
      cara bicara, perilaku, dan jawabanmu menjadi kriteria penilai di wawancara..

      kmrn waktu tahun 2011 sy diksh soal matematika dasar, namun mohon maaf saya lupa materi yg diberikan, dik.. 😀

      Suka

  75. Kaka assalamualaikum
    Mau tanya nih ka sikap kita pas wawancara baiknya gimana ya?
    Apa baiknya posisi siap kmudian tegas? Atau yg penting sopan boleh senyum2 ramah gtu:D? hehe agak grogi kak niiih

    Suka

    1. walaikumsalam warahmatullah..
      gak usah kaku, dik.. santai saja tapi tetap jaga etika dan sopan santun. Ga usah posisi siap dan terlalu maksain tegas… 😀 bersikaplah yang semestinya kita lakukan biasanya…

      Suka

      1. Hehehe iya ka makasih makasih infonya sngat mmbantu, kalau untuk pantukhir gmana ka blm ada gambaran itu ngapain aja si ka? Suru bawa celana pendek juga soalnya, jdi pnasaran ada apa. Mkasih ka sbelumnya.. :)))

        Suka

  76. Assalamualkm. Kak, saya mau nanya. Apa kalo sit up tangan harus d tengkuk? Terima kasih….

    Suka

  77. Kak, mungkin baru tahun depan baru saya daftarnya karena masih kelas 2 SMA hehe. Kira kira kehidupan di sana serem ga kaya di sekolah tinggi yang lain? Kayanya kalau sama seremnya saya urungkan niat buat masuk stsn hehe

    Suka

  78. tetap berusaha disisa waktu ini ya dik… 🙂
    awali dg niat, pasti beban seberat apapun akan bisa kamu atasi… termasuk sit up..

    saya awalnya termasuk yg ga bisa sit up secara sempurna, tapi lama2 bisa karena terbiasa latihan…

    tetap semangat! 🙂

    Suka

  79. Kak, bsok saya ikut tes kebugaran, tapi sampai hari ini saya belum bisa sit up?
    Gimana ya? Saya sudah berlatih namun tidak bisa

    Suka

  80. Kak, berbagi pengalaman donggg…
    Waktu kakak nggak lolos pas tahun 2010, trus selama setahun untuk ikut USM lagi itu kakak kuliah atau gimana? Dan menurut kakak sendiri, penyebab kakak bisa diterima tes psikotes tahun selanjutnya itu apa? Yaa mungkin pertanyaan saya agak nggak penting, tapi kalau dijawab lumayan untuk mengatasi kegalauan saya. Karena saya senasib sama kakak di tahun 2010 😦

    Suka

    1. klo begitu, kita satu angkatan ya Farras.. 🙂

      satu tahun sebelum masuk kuliah di 2011, saya tidak kuliah, pengalaman lebih jelasnya ada di https://aliwasi.wordpress.com/2013/02/07/berbagi-pengalaman-2-2/ dan https://aliwasi.wordpress.com/2012/03/31/berbagi-pengalaman-1/ 😀

      kenapa saya bisa lolos psikotes pada 2011? wah saya juga ga tau kenapa, pastinya itu takdir. hhe..

      tapi mungkin saat itu lebih tenang dan sudah tau apa saja yang diujikan saat psikotes..
      😀

      Suka

      1. Maaf banget sebelumnya, tapi saya baru lulus SMA kak, hehehe 😀 Maksudnya, nasib saya sekarang sama seperti nasib kakak di tahun 2010 :v
        Terus gimana sikap orang tua pada saat itu? Apa mereka kecewa atau biasa aja?

        Suka

  81. Kak, mau nanya, kalo push up untuk wanita gimana? Apa sama dengan pria? Atau push up khusus wanita, yg pakai lutut itu? Atau yg di dinding gitu? Makasih

    Suka

  82. Kak, saat tahap psikotes itu gambaran soalnya seperti apa? apakah sama dengan psikotes masuk sekolah tinggi lainnya/TNI/POLRI atau berbeda?
    terimakasih

    Suka

    1. walaikumsalam warahmatullah… salah satunya itu dik, namun secara umum sama seperti tes psikologi pada umumnya. Untuk referensi adik bisa latihan melalui materi yang ada di internet.. 🙂

      Suka

  83. Kak, saya mau nanya test seputar psikologi-nya. Test psikologi-nya seperti apa yaa kak? Apakah test psikologi di SMA itu sama dengan di STSN?
    Terimakasihh~

    Suka

  84. Kak jelasin dong wawancara akademik,psikologi, dan pengetahuan kenegaraan. contoh pertanyaannya itu gmana? thanks 🙂

    Suka

    1. nanti pertanyaannya mengenai siapa dirimu? bagaimana car akamu belajar? sosialisasi? apa yang kamu ketahui tentang demokrasi di negara ini? sifat kamu seperti apa? dan masih banyak lagi pertanyaan yang bisa keluar dari apa yang kamu utarakan… 🙂

      Suka

  85. kak tanya soal buat tes potensial akademik itu hanya matematika dan bahasa inggris? itu soalnya berbobot seperti un atau sbm? dan menggunakan sistem minus jika salah atau tidak?

    Suka

  86. Kak, apakah menurut kakak tes akademiknya susah? Terus buat tahun ini apakah test fisika itu masih diadakan? Terima kasih kak.

    Suka

  87. assalamualaikum wr wb.
    terima kasih ata blog yang sudah kakak share, sangat membantu kak 😉 aku mau tanya dong kak, tes psikologi disini, wawancara atau tidak? dan tentang tes kompetensi dasar, itu apa saja yang ditanyakan kak? oh iya 1 lagi, apa kakak pernah mengikuti semacam pelatihan untuk masuk stsn? terima kasih sebelumnya, mohon bantuannya dan dibalas ya kak 😉

    Suka

    1. walaikumsalam warahmatullah….

      saat tes psikolgi tidak ada wawancara.. sesi wawanca ada di tahap yang lain, dik..

      untuk tes kompetensi dasar, itu baru diadakan pada tahun ini di SPMB 2015..

      untuk tahun sebelumnya tidak ada.

      Namun sebagai gambaran, untuk tes kompetensi dasar banyak sumber yang bisa adik lihat di internet. TKD sendiri ada 3 macam, yaitu tes wawasan kebangsaan, tes intelegensi, dan tes kepribadian.. Dalam bentuk soal dan dipegang langsung dari Badan Kepegawaian Nasioanal.

      Tidak ada pelatihan seperti itu, dik. 🙂 kalaupun ada, gak perlu juga… yang penting adik bisa maksimal dalam hal akademik dan berperilaku,

      jangan lupa doa.. 😀

      Suka

  88. mas maaf mau tanya,, berarti dapat disimpulkan bahwa tes kesehatan dan kebugaran itu ada hubungannya . sebagai contoh jika dalam tes kesehatan terdapat 1 kekurangan, akan tetapi untuk tes kebugaran sangat memuaskan, itu berarti masih banyak peluang untuk lolos ya .? trimakasih ..

    Suka

  89. kak, saya mau bertanya. tes akademiknya itu pelajaran apa aja? matematika, basing, fisika, terus apa lagi? terima kasih kak sebelumnya 🙂

    Suka

  90. kakak saya mau tanya
    kan minimal nilai rapot semester 4 dan 5 utk mtk & b.ing adalah 8, kalo nilai saya 77 bisa masuk ga ya kak?

    Suka

  91. wahh keren banget sumpah pengalamannya!!^^
    tahun ini aku mau daftar STSN juga kak._.
    doakan ya kak supaya lolos.

    agak agak deg deg an kayaknya ya kak pas wawancara? hihi

    Suka

  92. kak ane laki2 cuma punya modal tinggi 160cm berat 40kg (bahkan kurang :3) dan mata ane minus lebih 2. kira2 klo mau daftar masih ada harapan gak ya?? trus lokasi tesnya apa cuma di bogor aja??

    Suka

  93. kaka saya mau tanya..
    saya boleh dibilang tentang nilai insyallah bisa masuk,tetapi saya ragu di tes keshatan sama kebugarannya karena boleh dibilng saya “gendut” ka..
    tapi pas cek di info pendaftaran tahun sekrng disitu engga ada kriteria tsb,gmna yaa kak ?

    Suka

    1. sepertinya gendut sedikit tidak terlalu dipermasalahkan, dik.. sebab yang sudah diterima dan yang lulus juga ada mahasiswa yang berlebih dalam hal berat badan.

      mungkin yang akan dipermasalahkan jika gendut tapi berpenyakit… 🙂

      Suka

      1. Assalaamu’alaykum, maaf ka mau nanya. Kalau nilai di kedua smester IV dan V ada kurang dari 80 lebih baik daftar atau tidak usah? Mohon dijwb ka, trimksh 🙂

        Suka

      1. ada banyak dik,terdiri dari 20 mata kuliah…. 🙂 garis besarnya mengenai mata kuliah dasar, yang hampir mirip dengan materi sma namun lebih memperdalam..

        Suka

    1. wah itu saya banget tuh, hhe 😀

      tidak masalah, dik… yang penting km bisa maksimal di tahap demi tahap tes spmb..

      bahkan ada yang prestasinya mentereng, namun tidak masuk karena gagal di psikotes…

      Suka

    1. seperti setiap tahun ada batas tinggi badan minimal, dik.. tapi untuk minus mata tidak ada.. untuklebih jelas syarat dan pendaftaran bisa mengacu pada tahun lalu.. coba cek spmb.stsn-nci.ac.id

      Suka

  94. Assalamualaikum, ka mau tanya kalo tes olahraga untuk putri apa ada tes pull up, push up, shit
    up, shuttle run-nya juga?

    Untuk tes wawancara akademik dan wawancara psikologi ditanya apa aja?

    Apa bedanya manajemen Persandian dan teknik Persandian: Teknik Kripto
    Teknik Rancang Bangun Peralatan Sandi?

    Untuk tes pengetahuan umum dan wawasan kebangsaan itu tertulis atau wawancara, itu ditanya seputar apa ya ka?

    Mohon dijawab ka, maaf banyak tanya.

    Suka

    1. walaikumsalam warahmatullah..
      untuk tes pull up tidak ada, tapi untuk lainnya ada dik…
      untuk wawancara akan lebih ditanya mengenai kepribadian adik dan motivasi adik,

      agar lebih mudah dipahami, teknik kripto buat algoritma mesin sandi, rancang bangun dengan mengimplementasikannya ke sebuah alat sandi, dan manajemen yang mengatur tentang kebijakan mesin sandi tsb..

      untuk wawasan kebangsaan akan ditanya seputar ideologi yang dipegang oleh negara kita.

      mohon maaf baru balas… 🙂

      Suka

  95. Kak.. setelah lulus dari stsn itu ditempatkan dimana kak??? kan termasuk ikatan dinas ya?..trimakasih.. mohon dijawab kak 🙂

    Suka

  96. Saya kpengen bgt bisa masuk stsn, tapi ada 1 yg bikin saya ragu. disana kan semimiliter, sementara sy ada kendala pada ketahanan fisik termasuk renang. saya mau tanya, untuk th.skrg ada tes renang gk?
    mohon balasannya, trmksh

    Suka

  97. Assalamualaikum kak
    Alhamdulillah saya sudah sampai tahap pantukhir kak, sebelumnya saya sangat berterima kasih atas informasi yang kakak berikan
    Kalau saya boleh tau kak, tes pantukhir itu dengar2 wawancara ya?
    Kira2 yang ditanya tentang apa ya kak? Akademik kah? Tujuan masuk kah? Atau apa ya kak?
    Lalu kalau boleh tau kemarin sewaktu kakak pantukhir, yang ditanya apa ya kak?
    Terimakasih kakak, saya sangat berharap kakak dapat menjawabnya 🙂 🙂

    Suka

    1. walaikumsalam warahmatullah….

      iya dik, berupa tanya jawab…
      bakal ditanya diluar konteks yang belum pernah ditanyakan kpd adik, tergantung jawaban yang adik utarakan…

      nanti adik bakal masuk ke dalam suatu ruangan bersama sebagian peserta spmb yang lain, biasanya ditanya adik sudah coba kemana saja selain tes spmb stsn, kondisi keluarga, dll..
      biasanya dua pertanyaan itu bakal ditanyakan…

      tips2,, jawab sejujurnya dan jaga etika saat disana…. kalo bisa lebih sigap tapi tidak kaku…
      Semoga sukses dik… 🙂

      Suka

  98. kak alhamdulillah saya lolos sampai tes pantukhir. mau tanya kuota tahun ini berapa ya kak karena tahun kemarin yg diterima 80 orang, di tahap pantukhir ini masih ada 100 orang..
    satu lagi kak, di stsn nanti dpt tunjangan ikatan dinas tdk?terima kasih..

    Suka

    1. untuk peralatan usudah tertera dipengumuman seperti membawa alat tulis, kartu spmb, untuk putra membawa kaos lengan pendek dan celana pendek, untuk putri membawa kaos lengan panjang dan celana panjang…

      untuk menghadapi tes tersebut jawab sejujurnya saja, jaga etika dan sopan santun…. 🙂

      tes pantukhir itu sudah final, dik…
      artinya adik sebenarnya sudah layak masuk STSN, namun tes tersebut ibarat membandingkan satu peserta dengan peserta yang lain memilih yang LEBIH pantas untuk masuk sebagai mahasiswa terpilih…

      semoga sukses ya dik…. 🙂

      Suka

  99. salam kak. 😀 kalo di pantukhir itu beneran wawancara lisan oleh pimpinan lembaga sandi negara saja ya? Jadi bawa celana training itu untuk apa kak? Terimakasih! 🙂

    Suka

    1. selamat yak, sudah sampai pantukhir. Tinggal selangkah lagi…

      Iya nanti adik akan ditanya secara langsung oleh pejabat di lemsaneg dengan menggunakan baju sesuai yang diminta untuk dibawa…. 🙂

      Suka

      1. Terimakasih ya kak untuk jawaban sebelumnya. 🙂
        Oiya, Kalo di pantukhir apakah betul diulang lagi dari tes akademik, kebugaran, psikologi, dan wawancara lagi, kak?
        Trims 😀

        Suka

      2. bukan diulang lagi dik,, tapi tes-tes sebelumnya akan menjadi pertimbangan kelayakan adik2 masuk stsn… mungkin bisa dibilang dibandingkan antar peserta spmb, “kasarannya” mana yang lebih cocok masuk sini… 🙂

        Suka

  100. Assalamualaikum wr. wb
    Kak mau nanya, tes wawancaranya nanti berkaitan dengan apa yang udah kita jawab ketika ts tertulis ct & mi tidak ya? Tes akademik itu berupa apa? Dan yang mengenai wawancara kenegaraan dan psikologi juga. Doakan ya kak semoga bisa lolos hingga tahap terakhir.Terima kasih

    Suka

      1. seperti yang dijelaskan sebelumnya, adik akan ditanyai secara langsung secara menyeluruh. Baik ditanya mengenai kesiapan masuk stsn, keluarga, bahkan postur badan adik (mungkin), jadi ibarat layak atau tidak adik bisa masuk stsn… mungkin selain itu pihak penyelenggara pendidikan akan mereview ulang hasil tes spmb, adik… 🙂

        sebelumnya selamat karena sudah masuk pantukhir, tinggal selangkah lagi dan berikan yang terbaik.. 😀

        Suka

  101. Assalamu’alaikum warahmatullah

    Mas, mau tanya. adik saya alhamdulillah masuk tahap wawancara spmb 2014 ini, ada 2 bagian wawancara (tertulis & wawancara). untuk wawancara tertulis ada ujian tertulis CT & MI. boleh mas utk dishare perihal ujian2 dalam tahap wawancara ini seperti apa saja. Semoga berkah. Aamiin.

    Wassalamu’alaikum warahmatullah

    Suka

    1. walaikumsalam warahmatullah wabarakatu…
      tes wawancara tentunya akan ditanyakan pengetahuan calon mahasiswa mengenai hal tentang kenegaraan, kepribadian, dan hal yang dimiliki oleh calon mahasiswa. Untuk menghadapi tes ini, lebih baik calon mahasiswa mengutamakan kejujuran dalam setiap pertanyaan dan mengikuti etika yang berlaku. Semoga sukses… 🙂

      Suka

    1. pertanyaan seputar mental dan ideologi, dik… dengan berbagai pertanyaan yang diajukan, nantinya akan diketahui bagaimana mental dan ideologi yang dimiliki oleh adik….
      saran jawab seadanya sesuai dengan etika dan utamakan jujur… 🙂

      Suka

    1. Tidak dik, lebih tepatnya saat wawancara nanti akan ditanyakan lebih jauh tentang kemampuan yang adik punya, dan cara menguji nanti tergantung penguji adik saat wawancara nanti. “mungkin” bisa dengan menjawab contoh soal 🙂

      Suka

    1. waktu tahun 2010,

      terdapat bagian pengecekan paru2 dengan ronsen.
      jika masalah berat badan, sepertinya tidak terlalu dipermasalahkan, namun dikembalikan lagi dengan kriteria yang diajukan penyelenggara STSN sekarang.

      saya masih mahasiswa,dik. jadi hanya sebatas itu yang saya tau. 🙂

      Suka

  102. Kak, segala puji bagi Allah SWT, Alhamdulillah ane lolos dari tahap tes akademik,psikotes dan kebugaran. Ane mau nanya bang, untuk tes wawancara akan ditanya soal UUD 1945 dan Pasal2 nya ga kak? Terima Kasih sebelumnya bang, mohon doanya juga ya agar lolos dari tahap seleksi administrasi, tes kesehatan, tes wawancara dan tes pantukhir. Ane udah niat banget kak masuk STSN, terimakasih 🙂

    Suka

  103. Kak, segala puji bagi Allah SWT, Alhamdulillah ane keterima di tahap tes akademik,psikotes dan wawancara. Ane mau nanya bang, untuk tes wawancara akan ditanya soal UUD 1945 dan Pasal2 nya ga kak? Terima Kasih sebelumnya bang, mohon doanya juga ya agar lolos dari tahap seleksi administrasi, tes kesehatan, tes wawancara dan tes pantukhir. Ane udah niat banget kak masuk STSN, terimakasih 🙂

    Suka

    1. alhamdulillah… tetap semangat ya dik…! 😀
      wawancara nanti akan ditanyakan “secara umum”, mengetahui pemahaman adik tentang negara kita. Pendapat adik tentang studi kasus yang ada di negara kita, dan “mungkin” solusi tentang studi kasus masalah ketatanegaraan kita..

      (itu waktu pengalaman saya di 2011) 🙂

      Suka

  104. Kak… Itu rata-ratanya harus 8 yang semester IV sama V ? Disekolah aku, jujur aja, gurunya ga bener semuaa kak. Jadi ambil contoh gini, aku kan disuruh ama guru A ngumpul di kantor buat setor nilai, nah ternyata pas udah sampe kantor tuh rame, terus ada banyak guru juga kan, nah para guru itu malah bentak-bentak kami kaya “NGAPAIN SIH KALIAN DISINI? BIKIN SUMPEK AJA! KELUAR CEPETAN! KELUARRR!” Padahal kan kita cuma mau setor nilai, eh si guru A malah belain guru lainnya kaya “KAMU JANGAN DISITU! ANTRI! KELUAR SANA!” Akhirnya gara2 itu banyak murid yg ga dapet nilai dan nilai di rapotnya jelek. Akhirnya yang remed itu minta perbaikan kan, eh malah ama guru-guru dibilang “ITU KAN NILAI KAMU? MASA KITA YG HARUS TANGGUNG JAWAB SIH. YA KALO SEGITU TERIMA AJA.” Apasih kak aku sedih sekolah di sekolah gini, gara2 itu semua nilai aku turun. Aku lagi semester IV sma kelas 2 menuju kelas 3. Aku hopeless banget kak masuk STSN, tapi aku pengen banget masuk ke sini:((( balessss kakkkkk

    Suka

  105. kak mau tanya, tes akademik jumlah soal berapa ya? pembagian dan waktunya gimana? apakah untuk tes selanjutnya yaitu tes psikologi harus lulus tes akademik terlebih dahulu atau itu merupakan serangkaian? terima kasih

    Suka

  106. Assalamu’alaikum Kak Arif..saya mau tanya, untuk kehidupan para mahasiswa STSN di Asrama seperti apa yaa? apakah komunikasi dengan orang luar itu sangat dibatasi?
    oiya,kemarin pas daftar ulang,aku diberi tahu petugas daftar ulangnya,bahwa banyak yang berhasil masuk STSN tetapi tidak kuat diasramanya,shg tdk bisa mengikuti kegiatan akademik perkuliahan..apa sii yang paling berat kak,selama kakak beradaptasi di STSN?

    Suka

    1. wa’alaikumsalam warahmatullah…

      tidak ada pembatasan komunikasi dengan pihak luar, mahasiswa diperkenankan membawa handphone dan menggunakan internet. Namun disaat waktu yang tepat dan tidak mengganggu kegiatan..

      Tidak ada yang berat untuk menjalani kehidupan disini, jika tujuan awalnya dengan niat yang kuat untuk melanjutkan sekolah di stsn. InsyaAllah semua akan dipermudah.. Kuncinya berdoa dan tetap semangat.. 🙂

      Suka

  107. Assalamu’alaikum wr. wb.
    kak, saya mau tanya; kalau tes Akademik STSN berlaku nilai mati pada setiap pelajaran yang diujikan ga ?

    Suka

    1. walaikumsalam warahmatullah…

      jika adik mau belajar, insyaAllah materinya tidak sulit…
      tapi jika tidak belajar, pasti terlihat sulit… 🙂

      Banyak sumber mengenai TPA di internet.. Adik bisa belajar banyak dari internet….

      Suka

    1. tes kesehatan berupa pengecekan darah, urin, gigi, riwayat kesehatanmu, mata, varises, tensi, lumayan banyak.. hhe..

      Wah, saya tidak tau tes masuk polisi, dik.. 🙂

      Suka

    1. psikotes meliputi tes IQ, gambar, serta tes kepribadian adik yang akan ternilai melalui serangkaian tes yang diujikan. untuk lebih jelasnya, adik bisa googling apa itu psikotes…. 🙂

      Suka

  108. kak mau tanya lagi nih, untuk yang tes tertulis nanti untuk penghitungan nilainya gimana ya kak ? apa berlaku seperti system SBMPTN yang apabila benar mendapat nilai dan apabila salah mendapat nilai minus ? makasih lagi ya kak 🙂

    Suka

  109. waaa, ka,, perjuangan kaka sampe keterima hebat banget,, saya juga insya allah mau nyoba tes di STSN tahun ini,, jadi ka saya mau tanya beberapa nih, soal” TPA.a itu hampr sama soal TPA di perguruan tinggi biasa atau ada bedanya ka?
    trus selain tes-tes TPA, psikologi, kesehatan ada tes khusus tentang sandi atau sejenisnya kah kak?

    Suka

    1. soal Tes Potensi Akademik yang saya ikuti tahun 2011, sepertinya sama dengan TPA pada umumnya. Adik bisa coba2 latihan di internet, yang saya ketahui banyak contoh-contoh soalnya…

      Untuk tes khusus, tidak ada dik…. 😀

      Suka

  110. oh memangnya taun kemarin ada tes renang apa gak bang?
    oh iya terus kalo mau pesan buku kripton/ latian soal buat masuk STSN gmana bang?
    trims bang yaa hehe minat banget soalnya 😀

    Suka

    1. tahun lalu tidak ada tes renang, sepertinya tahun ini juga tidak ada dik…

      untuk pemesan buku kripton, adik bisa follow twitter @TryOutSTSN2014 atau grup Try out STSN.

      🙂

      Suka

    1. STSN (Sekolah Tinggi Sandi Negara) merupakan sekolah ikatan dinas dibawah lembaga sandi negara. Sedangkan STIN (Sekolah Tinggi Intelijen Negara) merupakan sekolah dibawah Badan Intelijen Negara…

      Dari segi akademik, STSN lebih mendalami sains terapan, dalam hal matematika maupun komputer yang dapat digunakan untuk sistem keamanan ataupun kriptografi..

      Sedangkan STIN lebih ke praktik dalam lapangan….

      (mohon izin dikoreksi jika salah….)

      Suka

  111. bang, tes ke bugarannya apa saja ? kalo ada renang kira-kira berapa meter?
    lalu apakah tes tahap satunya setelah pengumuman UNAS? karena di syarat pendaftaran dilampirkahn juga surat ijazah Unas terbaru, tolong di jawab ya bang 😀

    Suka

    1. ada lari 12 menit, pull up, shuttle run, push up, sit up… Jika ada sekitar 40 meter. kemungkinan tidak ada tes renang, dik…

      saya masih belum tau mengenai pengumuman UNAS tahun ini, tapi semua tanggal dan penjadwalan tes spmb stsn hanya diketahui oleh penyelenggara dan diumumkan melalui website spmb.stsn-nci.ac.id

      jadi adik pantau saja ya… 🙂

      Suka

  112. Oh ia kak terus untuk tesnya sendiri kira kira berapa lama ya kak ? Dari tahapan satu ke tahapan yg lain selang waktunya berapa lama ya ? Makasih kak 🙂

    Suka

  113. Kak, mau nanya nanti tes tertulisnya di stsn atau di gor ragunan??
    Terus, kalo cewek tingginya 153 cm bisa masuk nggak?
    Terus, tes2 yg dilakuin itu sampai seminggu berturut-turut ya?
    jadi harus ngambil kosan deket stsn ya?.
    Maaf kak banyak nanya, thanks before 🙂

    Suka

    1. Untuk tempat tes tertulis tergantung dari penyelenggara stsn.
      Tahun 2010 tes dilaksanakan di STSN.
      Tahun 2011 tes dilaksanakan di gor ragunan.
      Tahun 2012 tes dilaksanakan di gor pajajaran, Bogor.
      untuk tahun ini saya masih belum menegetahui lokasi tesnya, adik bisa menunggu kabar dari website stsn.. diperkirakan sekitar bulan maret ini atau awal april, pendaftaran online akan dibuka beserta persyaratannya…

      Untuk masalah tinggi, tahun lalu batas tinggi putra 160 cm dan putri 155cm, namun pada kenyataannya angkatan tahun lalu yang diterima masih terdapat mahasiswa/i yang diterima walau tingginya di bawah standar…. (untuk persyaratan pada tahu ini, adik tunggu pengumuman dari penyelenggara stsn saja ya. 🙂 ) spmb.stsn-nci.ac.id

      tes-nya bertahap, dimulai dari tes akademik hingga tahap pantukhir bisa dimulai dari akhir april hingga pengumuman kelulusan pada pertengahan juli.. Jadwal tes ditentukan pula oleh penyelenggara..

      Dari pengalaman saya, tergantung adik tinggal dimana… Jika rumah adik jauh dari tempat tes, lebih baik mencari penginapan sekitar.. namun jika dekat, tampaknya tidak perlu menginap… 😀

      Suka

  114. kak saya minat nih untuk ikut tahun ini, mau tanya untuk yang materi Tes tertulis. Itu ada materi yang spesifik gak kak ? misalnya fisika apa lebih spesifik ke bagian elektrofisika atau sama secara keseluruhan ??
    Terus ada tes pengetahuan umumnya juga ya kak ? nah terus kan saya denger ada buku crypton yang bisa dipesen, itu buku isinya tentang apa ya kak ? apa ada juga tentang kisi kisi soal tesnya kak ? soalnya saya ga bisa ikut TO nya nih. Makasih sebelumnya ya kak >.<
    maaf kalo nanyanya kebanyakan nih kak hehehe 😀

    Suka

    1. waktu saya tes tahun 2011, soal fisika lebih ke hukum newton, gravitasi ke soal mengenai listrik. Untuk lebih amannya, lebih baik adik pelajari semua jenis soal fisika. 🙂 Yang di tes-kan hanya tes potensi akademik, matematika, bahasa inggris dan fisika. Buku crypton mengenai latihan-latihan soal masuk STSN, dik. Termasuk jawaban dari kisi-kisi soal tersebut.
      Tidak apa banyak tanya, malu bertanya ntar susah masuk… hhe

      Suka

  115. assalamualaikum. mas, di STSN/LSN tu sifatnya trbuka/trtutup ke masyarakat? trus klo d STSN/LSN tu apa kita harus menutup kepribadian/identitas kita?

    Suka

    1. walaikumsalam warahmatullah…. untuk sosialisasi kami terbuka kepada masyarakat yang berminat untuk mengikuti spmb stsn, biasanya setiap tahun kami mengadakan sosialisasi ke sekolah-sekolah… Tidak perlu menutup kepribadian atau identitas, 🙂

      Suka

  116. Assalamualaikum
    kak, saya sangat minat utk masuk stsn
    apa benar soalnya kayak soal sbmptn? kira-kira susah mana yahh?
    kalo tinggi badan kuran dikit apa bisa ditolerir?
    mohon dibalas, saya pengen banget kak ……
    Wassalam.

    Suka

    1. walaikumsalam warahmatullah wabarakatu..
      Soalnya terdiri dari TPA, matematika, bahasa inggris, dan fisika. Soalnya tidak terlalu susah dan juga tidak terlalu gampang. Jadi adiklebih baik, pelajari saja apa yang telah diterima di SMA. 😀

      Jika dilihat dari tahun sebelumnya, untuk ukuran tinggi badan tampaknya tidak dipermasalahkan. Karena terdapat mahasiswa yang tidak mencapai batas minimal tinggi badan dapat lolos seleksi STSN.

      Suka

      1. Okee.. Terimakasih kakk atas infonya :-), kira2 pendaftaran onlinenya dibuka kapan ya?? Saya liat di situs resmi kok juga belum di update……

        Suka

  117. kalau masuk STSN itu materinya akan di ajari dari nol atau langsung penerapannya?
    Di STSN, tinggal di asrama atau cari kos sendiri?
    Jika boleh tau, materi yang di ajarkan itu seperti apa?
    trimakasih atas infonya, saya sangat berminat 🙂

    Suka

    1. Materi inti yang diajarkan disini mengenai cryptography.
      Tapi, tentunya dimulai dari semester awal diperlukan materi yang mendukung, seperti halnya matematika dsb.

      Di STSN tinggal berasrama, dengan dua asrama terpisah, yaitu asrama putra dan asrama putri.

      Semoga terjawab. 🙂

      Suka

  118. kak, mau tanya gigi saya tu ad yg patah gara2 ada insiden itu mempengaruhi tes keshatan jg ga?
    tlng dbls ya kak makasih..

    Suka

  119. ka mau nanya dong, kira-kira dibuka pendaftaran tahun depan bulan apa yah kak?
    terus kalo wawancara kenegaraan contohnya seperti apa ka? mengenai pendapat kita tentang negara kita atau menjelaskan tentang negara kita?
    btw, kaka masuk yang manajemen persandian atau teknik persandiannya kak? bedanya apa yah?
    terus kak, mata aku kan mins 2.5 apa itu gapapa?
    maaf kak banyak tanya hehe makasih sebelumnya 🙂

    Suka

    1. kira-kira pembukaan sekitar akhir maret atau awal april, dik..
      saat tes wawancara mengenai hal tersebut, yang kamu ketahui tentang kondisi tata negara kita saat ini,

      Saya masuk ke teknik persandian, perbedaannya jelas jika di manajemen maka adik akan lebih mendalami mengenai “cara menangani” pada suatu materi. Jika di teknik persandian, adik akan mempelajari “darimana disertai kenapa” pada suatu materi.
      (koreksi jika ada tambahan)
      disini rekan saya ada yang berkacamata, hingga minus 2. Tapi dikembalikan lagi saat persyaratan tiap tahunnya.
      🙂

      Suka

      1. Kak , mau tanya . Kan ada tes olhraga , nah renang diteskan jga nggak kak ? Trus klo yg masalah pkek kacamata itu boleh nggak kak ? Soalnya tadi liat di komentar kakak, ada tmen kakak yg minus 2 tpi dikembalikan untuk persyaratan tiap tahunny ? Itu mksudnya ap kak? Mohon penjelasannya kak , makasih kak 😉

        Suka

      2. Kak , mohon balasannya ya 🙂
        pengen banget sklh di STSN , pas finalny itu yg lulus ada 40 orng saja yy kak ? Boleh pke jilbab kak ?

        Suka

    2. Jika berkaca dari spmb tahun lalu, tidak diadakan tes renang, karena di stsn kolam renang masih dalam perbaikan. Untuk tahun selanjutnya dikembalikan kembali persyaratan yang di keluarkan oleh pihak STSN, apakah akan mencatumkan renang sebagai tes kebugaran atau tidak..
      Untuk SPMB tahun 2013 kemarin, penerimaan mahasiswa baru menjadi 80 orang (60 orang mahasiswa putra dan 20orang mahasiswa putri), dan untuk tahun depan dikembalikan lagi ke persyaratan yang diajukan penyelenggara, bisa jadi penerimaan tahun selanjutnya menjadi 100 mahasiswa. 🙂

      Suka

  120. Utk spmb th depan kira2 mulai dibuka pendaft spmb nya bulan apa ya, trus pendidikannya semi militer ya. Ada senioritas ky di stpdn ga. Trus kl sistem gugurnya sampe smstr brp. Trus kl ggr apa hrs mgembalikan biaya pnddkan? Mksih ya de, ibu yg tny, soalnya putra ibu lg sibuk di kls 12 ini.

    Suka

    1. jika berkaca dr spmb sebelumnya pendaftaran online sekitar awal april di spmb.stsn-nci.ac.id

      pendidikannya tidak semi militer, disini lebih di tekankan kekeluargaan disertai kedisiplinan. untuk senioritas dan junioritas layaknya kakak kelas dan adik kelas pada umumnya, bu.
      sistem gugur disini, apabila mahasiswa tidak sanggup untuk mengikuti perkuliahan disini atau mahasiswa melakukan pelanggaran yang berat, hal tersebut bisa membuat mahasiswa Drop Out. Hal tersebut berlaku selama menjadi mahasiswa STSN. Jikalau drop out karena alasan tersebut, maka tidak ada kebijakan untuk mengembalikan biaya pendidikan. Kecuali mahasiswa tersebut berniat untuk keluar dari pendidikan.

      Demikian Ibu Iis. 🙂

      Suka

      1. Kak, sekarang aku kelas 3 SMA, tertarik banget sih buat nerusin ke STSN. Tapi testnya susah nggak ya? Denger-denger sih susah banget ya? Test tertulisnya materinya seputar apa aja ya? Makasih

        Suka

      2. materi tes tertulis seputar matematika, fisika, bahasa inggris, tpa.. Jika berminat untuk lanjut, tidak ada salahnya untuk mencoba dik.. tetap semangat dan berjuang, insyaAllah sesuai yg diharapkan…. 🙂

        Suka

    1. klo masalah tes olahraga lakukan “semaksimal” yang adik sanggupi saja. berkaca dari pengalaman ada yang lakukan tes olahraga termasuk biasa saja, tapi dia masuk.. yg pasti saat tes kesehatan tentunya sangat berpengaruh untuk masuk atau tidaknya.. (misal) mana mungkinkan seoang pecandu lolos tes? 🙂

      Suka

  121. kak, mau tanya kalau masuk STSN, sekarang tinggi badannya juga dibatasi ya ?
    ada tes renang gak ?
    untuk tes akademik soal-soalnya dari bab SMA gak ?
    diizinin keluar asramanya hari apa aja ?
    makasih

    Suka

    1. kriteria untuk tahun ini dan mungkin tahun selajutnya bisa dilihat di website spmb tiap tahunnya. untuk tahun sebelumnya tidak ada tes renang, tapi tidak menutup kemungkinan untuk selanjutnya akan diadakan. karena di stsn terdapat fasilitas kolam renang.
      tes akademik mencakup tpa, matematika, fisika, bahasa inggris. semua itu materi sma.
      🙂

      Suka

  122. Kak mau nanya dong, kalau udah keterima jd mahasiswa disana yg cewe rambutnya harus dipotong pendek ya? Kalau yg dikerudung juga harus tetep dipotong?

    Suka

  123. sangat membantu pengalamannya. doakan semoga saya bisa menyusul diterima jadi mahasiswa stsn seperti kakak, aamiiin..
    boleh tau gak kak, wawancara kenegaraannya itu ya gimana? apannya aja yang keluar? 🙂 terimakasih

    Suka

    1. Amin…. smoga yang diharapkan bisa tercapai.. secara umum, nanti adik harus paham dengan kondisi negara kita.. pendapat adik dengan suatu kasus, wawasan adik dengan landasan negara indonesia..

      ini semua sudah dipelari di mata pelajaran ppkn waktu smp dan sma, 🙂

      Suka

  124. hoah~ menginspirasi sekali kak, semoga aku juga bisa kayak kakak :3
    berulang kali saya harus bolak balik Solo-Bogor untuk yang satu ini dan semoga perjuangan ini ada hasilnya, mohon doa ya kak. hwehehe

    saya sudah akan masuk tahap kebugaran sama kesehatan, yatta~ dua tahap lagi berarti #narihula #bows

    Suka

    1. untuk standar sendiri yang tau hanya dokternya dek,, yang saya jalanin waktu thn 2011, hanya periksa gigi saja tanpa tau standarnya…
      🙂
      untuk periksa kesehatan ikuti saja prosedur yg berlaku…. mungkin nanti akan diberi formulir riwayat kesehatan masing2 peserta spmb…

      Suka

  125. ka Alhamdulillah saya lolos tahap psikotes. Saya mau tanya,kalo buat perempuannya ada pull up juga ga?
    makasih kak:)

    Suka

      1. kak, mau tanya. tahun ini ada tes renang ga ya? terus waktu itu kakak larinya berapa putaran? ukuran 1 putaran berapa kak? sistem pelaksanaannya seperti apa? terus di kota saya ga ada dokter spesialis jiwa. kalo diganti sm psikolog kira2 boleh ga ya kak? ditunggu balasannya kak. terima kasih 🙂

        Suka

      2. wah sy bukan panitia spmb, dek.

        yg menangani penyelenggara stsn, jadi saya belum tau ada tes renang atau tidak…
        1 putaran itu 350 meter, untuk putrinya tahun lalu nilai maksimal 5,5putaran dalam waktu 12 menit…

        untuk tahap ke-4, pengecekan kesehatan langsung di stsn, dek.. 🙂

        Suka

  126. aduh,, terharu bacanya… sukses ya mas!
    sekarang saya lagi nunggu pengumuman tahap 2,, semoga Allah memberikan yg terbaik untuk saya,, aamiin

    Suka

      1. Mantaaapp….,membaca pengalamannnya !. Apa benar tidak pakai uang sama sekali ???”, terus sistem KKN dan sogok menyogok tdk ada, ataupun masih berlaku jatah anak Jenderal ???” (contoh: AKMIL, AKPOL). Karena saat ini Bangsa Indonesia sangat membutuhkan sekali SDM yg berotak cerdas, jujur, tdk korupsi, sehat jasmani-rohani. Sehingga nantinya Indonesia menjadi Negara yg hebat dan kuat !!!.

        Suka

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.